SOLOPOS.COM - ilustrasi. (dok Solopos)

ilustrasi. (dok Solopos)

Klaten (Solopos.com)–Warga Dukuh Pandanan, Desa Soropaten, Kecamatan Karanganom, Klaten, akan menggelar Kirab adat Sanggar Seni dan Budaya Bumi Manunggal (SSBBM), Minggu (4/12/2011) mulai pukul 09.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Desa (Kades) Soropaten, Rumiyati, menuturkan kirab tersebut digelar setiap tahun di bulan Sura. Tujuannya, untuk mengenang leluhur desa setempat, Kyai Karsorejo.

“Beliau adalah tokoh pejuang zaman penjajahan Belanda. Kirab seperti ini memang sudah digelar sejak zaman dahulu semasa hidup Kyai. Kami hanya melanjutkan saja,” paparnya saat ditemui wartawan, Rabu (30/11/2011) di kantor desa setempat.

Kirab tersebut rencananya akan dimeriahkan dengan iring-iringan mulai dari drumband hingga reog serta tari-tarian adat yang dilakukan seluruh warga mulai dari orang tua hingga anak-anak warga desa setempat.

Seluruh warga akan bergerak mulai dari depan makam Kyai Karsorejo mengelilingi desa dengan berjalan kaki. Selain untuk mengenang leluhur mereka, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk nguri-nguri budaya Jawa agar tetap lestari.

(m103)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya