Ilustrasi lompat tali. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Olahraga menjadi kegiatan yang sangat bermanfaat di akhir pekan. Selain menjaga kebugaran tubuh, olahraga juga mampu menjadi sarana relaksasi dari rutinitas harian. Anda bisa melakukan berbagai olahraga ringan dan menyenangkan, seperti berlari, joging, bersepeda, hingga lompat tali.

Meski sangat sederhana, lompat tali punya segudang manfaat untuk menjaga kebugaran tubuh loh. Lompat tali tidak memerlukan alat berat, tempat khusus, serta biaya mahal. Anda hanya butuh tali atau karet yang dirantai sedemikian rupa untuk melakukan olahraga ini.

Jangan salah, meski terlihat sepele, ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari lompat tali. Apa saja? Simak ulasan yang dihimpun dari Times of India, Sabtu (23/11/2019), berikut:

Menurunkan risiko cedera di kaki

Lompat tali membantu menguatkan otot tungkai dan bagian betis. Penguatan otot di bagian ini mengurangi risiko cedera di kaki.

Meningkatkan kepadatan tulang

Olahraga yang mudah dan murah meriah ini sangat penting meningkatkan kepadatan tulang. Dengan melakukan lompat tali secara teratur, tulang dan otot khususnya di bagian kaki bakal lebih fleksibel.

Membakar kalori

Lompat tali membantu membakar lebih banyak kalori. Anda dijamin akan sangat berkeringat seusai melakukan olahraga yang satu ini. Jika dilakukan rutin, lompat tali bisa juga membentuk otot di tubuh.

Meningkatkan kerja otak

Melompat-lompat juga meningkatkan kinerja sistem saraf antara otak, pergelangan tangan, serta otot kaki. Tapi, manfaat ini baru bisa dirasakan jika Anda rutin melakukannya dalam waktu yang lama.

Meningkatkan keseimbangan

Melakukan lompat tali sama saja dengan melatih keseimbangan tubuh. Saat melompat, otak dan tubuh bakal bekerja sama dengan baik.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten