SOLOPOS.COM - Ilustrasi perpustakaan (JIBI/Solopos/Dok)

Minat baca Madiun didongkrak dengan penambahan fasilitas perpustakaan daerah setempat.

Solopos.com, MADIUN — Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun, Jawa Timur terus berupaya meningkatkan jumlah kunjungan masyarakat untuk membaca dan meminjam buku di perpustakaan umum milik pemda setempat. Langkah itu dilakukan untuk menumbuhkan minat baca di kalangan warga Kota Gadis itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kami terus mengembangkan program-program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan memiliki minat baca, diharapkan masyarakat akan berkunjung ke perpustakaan umum Kota Madiun,” ujar Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Madiun, Diah Indrianita, kepada wartwan, Sabtu (23/5/2015).

Menurut dia, program peningkatan minat baca tersebut selain program rutin juga merupakan program dalam rangka hari Buku Nasional yang diperingati di bulan Mei 2015. “Program itu di antaranya merupakan implementasi dari peningkatan minat baca, seperti mengadakan lomba menggambar, bercerita, dan mewarnai. Kami juga mengadakan lomba perpustakaan di sekolah-sekolah dan tingkat kelurahan,” kata dia.

Selain itu, pihaknya juga gencar melakukan sosialisasi melalui radio milik Pemkot Madiun dan pemasangan pamflet ataupun sarana promosi lainnya di setiap kantor kelurahan dan kecamatan yang ada di wilayah setempat. “Kami juga melakukan uji coba melayani pembaca pada hari Sabtu dan Minggu mulai tahun ini. Hasilnya terjadi peningkatan kunjungan yang signifikan,” terang Diah.

Dilengkapi Internet
Jika biasanya rata-rata jumlah kunjungan ke perpustakaan Kota Madiun hanya sekitar 50 orang per hari kerja, saat Sabtu dan Minggu bisa meningkat hingga 200 orang lebih. “Alhamdulillah ada peningkatakn kunjungan saat akhir pekan. Para pengunjung itu tidak hanya dari Kota Madiun saja tapi juga luar kota,” katanya.

Sebagai faktor penarik, pihaknya juga berupaya meningkatkan fasilitas dan kenyamanan di ruang perpustakaan, seperti penyediaan ruang baca yang bersih dan nyaman. Perpustakaan Daerah Kota madiun juga melengkapi fasilitas dengan akses Internet, dan penambahan koleksi buku.

Hingga kini koleksi buku yang dimiliki perpustakaan umum Kota Madiun mencapai 23.000 buku lebih dari berbagai bidang, seperti sosial, ekonomi, politik, hukum, komunikasi, bahasa, ilmu pengetahuan, teknologi, dan sebagainya.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya