Mimpi Wali Kota Madiun Terwujud, Bunga Bermekaran di Setiap Sudut Kota Pendekar
Wali Kota Madiun, Maidi, melihat bunga bungur yang ada di Taman Sumber Wangi di Jl. Pahlawan. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Solopos.com, MADIUN -- Mimpi Wali Kota Madiun, Maidi, melihat bunga bermekaran di setiap sudut Kota Pendekar mulai menjadi kenyataan. Sejak awal September 2020, ribuan tanaman bunga di sejumlah jalan protokol di Kota Madiun sudah mekar. Jalanan Kota Madiun tampak indah dengan beragam bunga warna-warni.

Seperti di Jl. Pahlawan, sepanjang jalan tersebut terlihat hampir semua tanaman bougenville sudah berbunga. Ada yang berwarna merah, merah muda, hingga oranye. Sedangkan di pinggir jalan protokol tersebut juga terlihat beberapa tanaman bunga tabebuya serta bungur juga mulai bermekaran.

Tidak hanya itu, coba mengunjungi Taman Sumber Wangi yang ada di samping Balai Kota Madiun. Taman yang baru saja rampung dibangun ini sudah terlihat indah. Beberapa tanaman bungur dan kamboja yang tertanam di taman itu pun sudah berbunga. Ada yang berwarna ungu, kuning, hingga putih. Sangat menawan!

Wah, Wawali Madiun Siap Pinjamkan Mobil Pribadinya Gratis Untuk Calon Pengantin

Pengendara melewati Jl. Pahlawan, Kota Madiun, yang dipenuhi dengan bunga bougenville. (Istimewa/Pemkot Madiun)

Pemkot juga menyediakan tempat duduk serta meja di taman tersebut. Sehingga membuat warga yang berkunjung di taman itu bisa beristirahat sambil menikmati keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran.

Terlihat beberapa warga sedang duduk dan berfoto dengan tanaman bunga yang sedang mekar di Taman Sumber Wangi, Jumat (25/9/2020). Mereka tertarik dengan keindahan bunga-bunga yang sedang bermekaran tersebut hingga harus berkali-kali mengambil gambarnya dari berbagai sudut.

Menyegarkan Otak

Seorang warga, Diah, mengaku sangat senang berkunjung di Taman Sumber Wangi ini. Tidak hanya bisa melihat bunga yang bermekaran saja, tetapi juga bisa sedikit menyegarkan otak setelah seharian bekerja.

Jika Jadi Sumber Permasalahan, Pemkot Madiun Bakal Robohkan Tugu Pesilat

Bunga bermekaran di Taman Sumber Wangi Jl. Pahlawan, Kota Madiun. (Istimewa/Pemkot Madiun)

“Lihat bunga-bunga yang indah kayak gini kan pikiran jadi segar lagi. Bunga-bunga ini juga menarik kalau dijadikan obyek foto,” kata warga Kartoharjo, Kota Madiun ini.

Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan tidak hanya bungur dan bougenville yang berbunga. Kalau berkeliling, jelasnya, kita akan mendapati tanaman bunga asoka, zinia, adenium, hingga anggrek yang juga mulai berbunga.

“Mimpi saya satu tahun lalu untuk menjadikan Kota Madiun sebagai Kota Sejuta Bunga pelan-pelan mulai terwujud. Beberapa pohon yang ditanam tahun lalu kini mulai berbunga,” kata orang nomor satu di Kota Madiun tersebut.

DPRD Jateng Dorong Kota-Kota di Jawa Tengah Tiru Pembangunan Kota Madiun

Perlu Perawatan Rutin

Kabid Pertamanan Permakaman dan Penerangan Jalan Umum Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun, Jumakir, mengatakan Kota Madiun memiliki 59 ruang terbuka hijau. Termasuk yang ada di jalan-jalan.

Saat ini jumlah tanaman bunga yang tertanam di seluruh wilayah Kota Madiun mencapai puluhan ribu batang. Ada sebagian tanaman yang sudah berbunga, tetapi ada juga yang belum berbunga. Namun, untuk tanaman bunga bougenville dipertahankan bisa berbunga terus.

Puluhan ribu tanaman bunga di seluruh Kota Madiun itu setiap hari dirawat dengan baik. Untuk penyiraman setiap hari dilakukan pada malam hingga dini hari. Puluhan ribu liter air setiap hari juga disediakan untuk menyiram seluruh tanaman bunga tersebut.

Pesilat Bikin Onar di Kota Madiun, Langsung Dimasukkan ke Markas Yonif 501

“Tidak hanya disiram. Tetapi juga secara rutin daun-daunnya dipangkas. Selain itu pemberian pupuk juga dilakukan secara rutin,” jelasnya saat dihubungi, Jumat.

Untuk petugas lapangan yang merawat puluhan titik RTH tersebut pun tidak main-main, pemkot mengerahkan 100-an orang. Mereka masing-masing memiliki tugas untuk merawat tanaman-tanaman tersebut supaya tetap hidup dan indah.

Jumakir menyebut saat ini Kota Madiun lagi cantik-cantiknya. Karena di hampir seluruh sudut kota ada tanaman yang sudah berbunga.

Soal Bentrok Antarpesilat, Wawali Madiun: Betapa Kejamnya Dirimu..

Dia berharap masyarakat juga ikut berpartisipasi untuk merawat tanaman-tanaman tersebut. Paling tidak melaporkan kepada petugas saat ada tanaman yang perlu dipangkas dan hampir roboh. Sehingga petugas bisa sigap menatanya. (ADV)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom