SOLOPOS.COM - Rumah Thorik si pemilik bahan peledak . (detik)

(dok Renault)

JAKARTA–Mimpi pemimpin Gereja Katolik, Paus Benediktus XVI untuk menggunakan mobil listrik akhirnya terwujud. Paus Benediktus XVI dikadoi sebuah mobil listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Paus diberikan mobil listrik oleh pabrikan Prancis Renault. Mobil listrik itu adalah Kangoo Z.E listrik. Untuk menghormati pria berusia 85 tahun itu, CEO Nissan-Renault, Carlos Ghosn turun langsung menyerahkan mobil ramah lingkungan tersebut pada Paus Benediktus XVI.

Paus Benediktus XVI terlihat antusias menerima mobil listrik yang selama ini diidamkan. Dia terlihat menduduki bagian kursi penumpang belakang mobil yang berwarna putih itu.

Mobil ini sudah dimodifikasi khusus untuk kebutuhan Paus. Mobil atapnya bisa dibuka, jendela sisi belakang bisa dilepas, engsel pintu belakang terletak di belakang sehingga pintu mobil terbuka dengan lebar, dan di samping mobil ada tangga elektronik untuk memudahkan Paus naik turun dari mobil.

Renault Kangoo dilengkapi dengan 44 kW motor listrik dan baterai lithium-ion. Daya jelajah mobil satu ini memiliki jangkauan lmencapai 170 km dengan sekali pengisian selama 6-8 jam.

“Sumbangan untuk Yang Mulia, sangat penting bagi Renault untuk menunjukkan komitmen kami dalam menjaga kelestarian lingkungan,” ujar CEO Renault-Nissan Carlos Ghosn di situs resmi Nissan, seperti dilansir detikoto, Jumat (7/9/2012).

Untuk diketahui, Renault Kangoo listrik itu bukan mobil ramah lingkungan pertama Paus Benediktus XVI. Sebelumnya Paus Benediktus XVI pernah menerima mobil dinas berkategori hybrid dengan julukan Popemobile yakni Mercedes-Benz M Class hybrid pada Juni 2011. Mobil tersebut sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk keselamatan Paus.

Sayang Renault Kangoo listrik tidak dilengkapi dengan alat keamanan kaca antipeluru, bodi lapis baja seperti yang tersemat pada Mercedes-Benz M Class hybrid. Karenanya, seperti dilansir Washington, Jumat, Renault Kangoo listrik tersebut tidak akan dijadikan kendaraan dinas Paus Benediktus XVI setiap ada acara publik. Paus Benediktus XVI tetap menggunakan Mercedes-Benz M Class demi keselamatan.

Selanjutnya Renault Kangoo listrik hanya digunakan di dalam wilayah Vatikan di Castel Gandolfo. Pilihan tersebut karena mobil satu itu tidak dilengkapi keamanan yang mumpuni untuk Paus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya