SOLOPOS.COM - ilustrasi (wikipedia)

ilustrasi (wikipedia)

JOGJA—Departemen Pertahanan Amerika Serikat melalui Advanced Research Projects Agency (DARPA) akan membangun jaringan nirkabel berkecepatan tinggi untuk mendukung kegiatan militer mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Jaringan itu akan menjadi tulang punggung transfer data dari darat ke udara atau sebaliknya dengan jangkauan luas.

Para peneliti DARPA tengah berupaya meningkatkan koneksi jaringan nirkabel mereka menjadi 100Gbps. Sejak 1991, militer AS telah menggunakan jaringan berkoneksi 274Mbps melalui sistem Common Data Link.

Bulan depan sejumlah perusahaan teknologi diundang untuk memaparkan rancangan proyek tersebut. Jaringan itu harus memiliki kemampuan di atas jaringan fiber, namun dengan jangkauan sangat luas. DARPA berharap jaringan nirkabel itu dapat menangani koneksi hingga 100 kilometer di darat dan 200 kilometer di udara.

Koneksi 100Gbps sama artinya dengan kemampuan mengunduh 12.500 MBps. Hanya butuh waktu satu detik untuk memenuhi media penyimpanan berukuran 12,5 GB.(CNET)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya