SOLOPOS.COM - Pesawat Air Asia (Dok/JIBI/Solopos)

Harianjogja.com, JOGJA—Maskapai penerbangan AirAsia Indonesia membuka rute baru Jogja-Medan pulang pergi atau PP. Penerbangan di rute baru ini akan dioperasikan 21 Oktober 2014.

Presiden Direktur AirAsia Indonesia, Sunu Widyatmoko menuturkan, pembukaan rute baru tersebut merupakan bentuk komitmen AirAsia dalam menghubungkan kota-kota besar di Indonesia serta memperluas konektivitas maskapai di rute domestik. Sebelumnya AirAsia Indonesia telah melayani dua penerbangan domestik dari Jogja menuju Jakarta dan Bali.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami berharap rute baru ini akan semakin memberikan kenyamanan untuk para pelanggan kami yang hendak melakukan perjalanan dari Jogja ke Medan secara langsung tanpa transit,” kata Sunu usai kegiatan Gathering AirAsia Indonesia di Eastparc Hotel, Senin (29/9/2014).

Dijelaskan Sunu, sebagai salah satu kota besar di Pulau Jawa, Jogja memiliki potensi yang luar biasa. Lokasi Jogja yang strategis, mampu menarik minat para pelancong wisata dan juga para pelaku bisnis. Selain itu, Jogja juga dikenal sebagai kota pelajar yang memiliki lebih dari 137 universitas dan mayoritas penduduknya adalah pelajar yang berasal dari kota-kota lain di Indonesia.

“AirAsia menggunakan pesawat Airbus A320 berkapasitas 180 kursi penumpang. Kami optimistis, pembukaan rute baru ini mampu mengangkut minimal 80% penumpang atau 150 kursi untuk satu kali perjalanan,” harap Sunu.

Ketua DPD Association Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Edwin Ismedi Himna menjelaskan, Medan dikenal sebagai kota bisnis terbesar di Pulau Sumatra. Selain menjadi pusat industri dan bisnis, Medan juga merupakan gerbang masuk utama bagi wisatawan domestik dan mancanegara ke Sumatra Utara.

“Pembukaan rute baru ini bisa menjadi peluang bagi Jogja untuk meningkatkan kunjungan wisatawan domestik. Saat ini memang jumlah pengunjung dari Medan masih didominasi kalangan pebisnis atau kunjungan kerja,” katanya Edwin.

Selain wisatawan domestik, lanjutnya, turis-turis dari Eropa juga bisa berangkat langsung dari Medan ke Jogja tanpa transit ke kota lain lebih dulu. Menurutnya, setiap sesi terdapat setidaknya 400 wisatawan Eropa yang mengunjungi Medan sebelum melanjutkan perjalanan ke Jawa termasuk Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya