SOLOPOS.COM - Ilustrasi

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Gunungkidul Desiyanti cuma tersenyum menanggapi peluangnya untuk duduk di kursi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Gunungkidul periode 2014-2014.

“Saya menyerahkan segalanya kepada partai. Apapun yang diputuskan, saya siap menjalankan,” kata dia, Jumat (18/7/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Desiyanti menegaskan siapa pun nanti yang terpilih, akan menghormati. Sesuai dengan aturan kepartaian, calon-calon ketua nantinya akan diserahkan ke DPP PDI Perjuangan. Kemudian, melalui proses verifikasi oleh pusat, nantinya akan keluar rekomendasi siapa yang mendapatkan mandat sebagai Ketua DPRD Gunungkidul.

“Biarlah pusat yang memutuskan, dan kami yang di daerah siap melaksanakan dan menghormatinya,” tegas anggota DPRD Gunungkidul periode 2009-2014 ini.

Anggota Tim Penjaringan Ketua DPRD Gunungkidul, bentukan DPC PDIP, Sutarpan, memaparkan dari 11 nama calon legislator yang lolos ke DPRD untuk lima tahun ke depan, mengerucut ke empat nama, yakni Suharno, Sugito, Endah Subekti Kuntariningsih dan Desiyanti. Mereka berpeluang karena duduk di struktur kepengurusan DPC PDIP Gunungkidul. Namun, Sutarpan menyebutkan dari keempat orang ini belum ada satupun yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon Ketua DPRD.

Rencananya, nama-nama itu akan diajukan ke DPP PDI Perjuangan pada awal Agustus nanti. Ketua DPRD terpilih nantinya didasarkan pada rekomendasi dari pusat.

Suharno, sebagai salah satu kandidat, mengaku belum menyatakan diri sebagai bakal calon. Namun, secara pribadi dirinya siap apabila diajukan sebagai calon Ketua DPRD Gunungkidul yang baru. Hanya, dirinya belum menunjukkan secara pasti niatan untuk mengganggitkan Budi Utama, yang saat ini menjadi Ketua DPRD Gunungkidul. Bagi Suharno, calon ketua Dewan harus masuk dalam struktur kepengurusan DPC PDI Perjuangan meski tidak ada regulasi internal partainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya