Tutup Iklan

Milenial dan Gen Z Paling Banyak Memanfaatkan Subsidi Rumah

Milenial menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP).

 Ilustrasi pembangunan sektor perumahan (freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pembangunan sektor perumahan (freepik)

Solopos.com, JAKARTA — Milenial menjadi kelompok yang paling banyak memanfaatkan subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) untuk hunian masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) Herry Trisaputra Zuna mengatakan realisasi penerima FLPP tahun 2010 hingga 2020 berdasarkan wilayah metropolitan dan kota besar didominasi generasi milenial sebesar 74,98%, lalu Gen Z sebesar 13,75% dan Gen X sebesar 11,27%.

Realisasi penerima FLPP di wilayah kecil juga didominasi generasi milenial sebesar 73,65%, diikuti Gen X sebesar 14,62% dan Gen Z sebesar 11,69%.

Baca Juga: BUMN Pelindo Resmi Merger, Ini Harapan Presiden Jokowi

Untuk realisasi penerima FLPP rumah susun didominasi generasi milenial sebesar 79,2%, lalu Gen X sebesar 11,76% dan Gen Z sebesar 9,01%.

Realisasi penerima FLPP rumah tapak juga didominasi generasi milenial sebesar 73,67%, lalu Gen X sebesar 14,5% dan Gen Z sebesar 11,79%.

“Penerima FLPP sekitar 75% milenial, generasi Z pun sudah mulai. Terlihat generasi milenial dan Z yang sedang membutuhkan rumah,” ujarnya dalam Indonesia Housing Forum, Kamis (14/10/2021) seperti dilansir Bisnis.com.

Baca Juga: Beroperasi Agustus 2022, LRT Jabodebek Melaju Tanpa Masinis

Angka tersebut didapat dari realisasi program subsidi Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di bawah Rp8 juta. Di tahun 2022, program ini akan dilanjutkan dengan target 200.000 unit.

Secara total realisasi FLPP sejak 2015 – 2020 sebanyak 1.097.176 unit atau 78,16% dari realisasi nasional.
Adapun sebaran realisasi KPR bersubsidi pada 2015–2020 mayoritas ada di Jawa Barat, yakni mencapai 445.500 unit. Kemudian disusul oleh Banten 118.820 unit, dan Jawa Timur 84.000 unit.


Berita Terkait

Espos Plus

Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

+ PLUS Edtech akan Untung Besar dengan Memperbanyak Kursus Daring

Sekolah informal seperti kursus dan pelatihan keterampilan tertentu akan semakin mengadopsi sistem daring. Penyelenggara edtech akan lebih untung jika masuk pasar kursus dan berbagai jasa pelatihan.

Berita Terkini

UMK 2022 di 8 Provinsi Ini Naik Tapi Tak Sesuai PP Pengupahan

Ada beberapa UMK yang kenaikannya tidak sesuai dengan PP 36/2021 yang merupakan aturan turunan dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Bangun 10 Bandara, Utang Angkasa Pura I Capai Rp28 Triliun

PT Angkasa Pura I (persero) atau AP I mengkonfirmasi jumlah utang kepada investor dan kreditur per November 2021 mencapai Rp28 triliun.

Giliran Lowongan Kerja J&T Express Bikin Heboh, Ada Apa Lagi?

Lagi-lagi media sosial (medsos) dihebohkan dengan informasi lowongan pekerjaan yang menuliskan agama tertentu sebagai syarat wajib bagi pelamar.

Pengusaha Depo Air Isi Ulang Tolak Pelabelan Galon, Ini Alasannya

Ketua Umum Asosiasi Pemasok dan Distributor Depot Air Minum Indonesia (Apdampindo) Budi Dharmawan yang menolak pelabelan galon PC jika diduga motifnya karena persaingan usaha.

Ada Isu Pelabelan BPA Galon, Produksi AMDK Diproyeksi Tetap Tumbuh

Diterpa rencana pelabelan Bisfenol A pada galon isi ulang, Asosiasi Pengusaha Air Minum Dalam Kemasan (Aspadin) tetap memproyeksikan pertumbuhan produksi.

Wanita Berpengaruh Dunia, Ini Peringkat Sri Mulyani dan Nicke Widyawati

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati masuk daftar perempuan paling berpengaruh di dunia.

UBS Menguat, Simak Harga Emas Pegadaian Kamis 9 Desember 2021

Pergerakan harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada Kamis (9/12/2021) menguat untuk cetakan UBS, sedangkan cetakan Antam cenderung stagnan.

Astra Dukung Sayembara Kampung Tangguh Jaya 2021, Ini Tujuannya

Astra bersama Polda Metro Jaya pada hari ini (8/12/2021) mengadakan acara puncak Sayembara Kampung Tangguh Jaya (KTJ) 2021 yang bertajuk Piala Kapolda Kampung Tangguh Jaya.

BPJS Watch Minta Iuran Peserta Kelas 3 Tetap Rp35.000

Koordinator Advokasi BPJS Watch Timboel Siregar berharap besaran iuran yang bakal ditetapkan dapat terjangkau oleh peserta mandiri.

Moduit Raih Penghargaan Most Innovative Mutual Wealth Tech

Moduit telah memiliki lisensi sebagai Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD), penasihat investasi, dan Agen Perantara Pedagang Efek (APPE) dari OJK, serta mengakomodasi distribusi SBN.

PPKM Level 3 Nataru Dibatalkan, Ini Dampaknya untuk Pelaku Usaha

Pelaku usaha optimistis mampu memaksimalkan aktivitasnya dengan adanya penerapan PPKM yang disesuaikan dengan masing-masing daerah.

Mudah Kok, Begini Cara Membeli Rumah Lelang di BTN

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) menggelar pameran lelang massal bertajuk BTN Lelang Properti Expo 2021 dengan melibatkan 25 kantor cabang perseroan.

Akhir Tahun, Garuda Indonesia Obral Tiket Pesawat Diskon 80 Persen

PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) bersama dengan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BNI) menggelar Travel Fair baik secara offline maupun online jelang akhir tahun ini.

Siap-Siap! PBB dan Pajak Kendaraan akan Naik, Segini Tarifnya

Tarif pajak bumi dan bangunan akan meningkat seiring berlakunya Undang-Undang tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah atau UU HKPD..

Naik Fluktuatif, Harga Cabai Rawit Merah di Solo Tembus Rp60.000/Kg

Kenaikan harga cabai rawit merah disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya cuaca buruk serta panen tidak maksimal akibat gangguan hama tikus berskala besar sehingga cabai terpaksa dipanen dini.