Milad Momen RS PKU Muhammadiyah Solo Prioritaskan Covid-19

RS PKU Muhammadiyah Solo memperingati milad ke-93 bersamaan dengan milad ke-108 Muhammadiyah dan menjadi memprioritaskan Covid-19.

SOLOPOS.COM - Ketua Tim Covid-19 RS PKU Muhammadiyah, Arief Budiman, menyerahkan paket berisi makanan sehat, hand sanitizer, dan masker kepada seorang pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jl. Ronggowarsito No.130, Solo, Rabu (18/11/2020). (Solopos.com- Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO — Rumah Sakit PKU Muhammadiyah, Rabu (18/11/2020) lalu, memperingati milad ke-93 yang bersamaan dengan peringatan milad ke-108 Muhammadiyah. Milad atau ulang tahun itu menjadi momentum RS PKU Muhammdiyah Solo memprioritaskan Covid-19.

Peringatan itu bahkan menjadi pangkal komitmen RS PKU Muhammadiyah Solo sesuai dengan langkah Muhammadiyah untuk memerangi Covid-19. Semangat RS PKU Muhammadiyah menangani Covid-19 itu juga merupakan wujud sumbangsih bagi bangsa.

Program kerja 2021 RS PKU Muhammadiyah Solo bahkan memprioritaskan penanganan Covid-19.

Fengsui Tempat Usaha: Ini Tips Warung Sembako Sukses!

Direktur RS PKU Muhammadiyah Solo, Mardiatmo, menjelaskan tidak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 berakhir sehingga manajemen mengutamakan penanganan Covid-19. RS melayani pasien wilayah Soloraya.

"Pendemi Covid-19 merupakan domain pemerintah dan Muhammadiyah merupakanan bagian pemerintah. Muhammadiyah memiliki aum di bidang kesehatan dan pendidikan sehingga harus ikut menanggulangi Covid-19," kata dia.

Dia menjelaskan sudah memberikan pelayanan dengan menyediakan 26 tempat tidur dan lima cadangan tempat tidur pasien Covid-19, melengkapi peralatan penunjang, terapi pengobatan Covid-19, dan prosedur pelayanan bertaraf internasional. Pelayanan tersebut diklaim membuat tingkat kesembuhan pasien tinggi.

Parodi Akting Keluarga Betrand Peto, 4 Bocah Tuai Pujian

RS PKU Muhammadiyah semula melakukan perjuangan dengan peran sebagai balai pendidikan pengobatan mata yang berdiri 1927 atau pada masa penjajahan. RS PKU Muhammadiyah mengembangkan pelayanan persalinan hingga menjadi rumah sakit umum 1986.

Ketua Tim Covid-19 RS PKU Muhammadiyah, Arief Budiman, memimpin doa untuk seorang pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jl. Ronggowarsito No.130, Solo, Rabu (18/11/2020). (Solopos.com- Wahyu Prakoso)
Ketua Tim Covid-19 RS PKU Muhammadiyah, Arief Budiman, memimpin doa untuk seorang pasien rawat inap di RS PKU Muhammadiyah Solo, Jl. Ronggowarsito No.130, Solo, Rabu (18/11/2020). (Solopos.com- Wahyu Prakoso)

Pelayanan Persalinan Unggulan

Pelayanan persalinan menjadi keunggulan RS karena pelayanan yang diberikan tidak menimbulkan rasa sakit, cepat, dan persalinan secara islami. RS PKU Muhammadiyah Solo  mengembangkan layanan onkologi hingga pusat layanan jantung dan pembuluh darah yang tertuang dalam rencana strategis 2018-2024.

"Kami berterima kasih kepada para direktur RS terdahulu yang dengan gigihnya mengembangkan RS dengang cara masing-masing dan hasilnya luar biasa. Saya menerima estafet kepemimpinan merasa tidak kesulitan sejak 2011," kata Mardiatmo.

Kasihan, Kakek Basri Diseret di Aspal Gara-Gara Minta Rokok

Dia menjelaskan, RS PKU memiliki tiga ruang operasi mayor dan dua ruang operasi minor. RS PKU Muhammadiyah Solo tangah membangun infrastruktur dengan jumlah lima ruang operasi mayor, dua ruang bedah minor, dan satu ruang operasi darurat.

Ketua Panitia Milad-93 RS PKU Muhammadiyah Solo, Nugrahani Utami, menjelaskan rangkaian milad berlangsung secara virtual sejak Oktober, antara lain webinar untuk masyarakat tentang infertilitas pada pria dan penanganannya serta webinar untuk dokter umum tentang kesehatan jantung anak. RS membagikan paket makanan sehat, hand sanitizer, dan masker kepada para pasien kemarin pagi.

“Kami membagikan 350 paket kepada pasien inap dan kepada pasien rawat jalan 200 paket hari ini. Untuk menjaga kesehatan diri dan menjaga lingkungan. Kami mengedukasi masyarakat supaya sehat melalui cara sederhana dengan mengonsumsi makanan alami,” kata dia.

Mesum di Bajaj, Kakek-Kakek dan Wanita Muda Diusir Warga

Dia mengatakan RS PKU Muhammadiyah Solo juga menggelar webinar dengan peserta para anggota Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Acara milad RS PKU Muhammadiyah Solo dipuncaki pengajian virtual bersama seluruh keluarga karyawan RS PKU Muhammadiyah Solo.

Menurut salah satu pasien rawat inap, Emi Astuti, 60, telah menjalani rawat inap kali ke-10 di RS PKU Muhammadiyah Solo sejak 2005. Ia memilih RS PKU Muhammadiyah karena menghadirkan pelayanan yang menyenangkan bagi pasien.

“Semoga Muhammadiyah semakin jaya dan sukses melayani masyarakat dengan baik,” kata warga Kelurahan Popongan, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar tersebut.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Berita Terbaru

Kuliner Malam Sukoharjo Batal Normal Sesuai Skenario Transisi

Solopos.com, SUKOHARJO — Kondisi trotoar jalan di sepanjang Jl. Ir. Soekarno tepatnya di sekitar Bundaran Pandawa menuju Jembatan Bacem...

Vaksinasi di Boyolali Dilaksanakan, 3M Harus Tetap Dijalankan

Solopos.com, BOYOLALI -- Meski saat ini vaksin Covid-19 sudah tiba, kampanye 3M (memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan...

25 Warga Kedawung Sragen Legawa Tunda Hajatan demi Tekan Covid-19

Solopos.com, SRAGEN -- Sekitar 25 warga di Kecamatan Kedawung, Sragen, mau berbesar hati untuk menunda kegiatan hajatan demi mencegah...

Jumlah Pendaftar Haji di Wonogiri Tak Terdampak Pandemi, Prokes Tetap Ditaati

Solopos.com,WONOGIRI -- Pendaftaran haji di Wonogiri tak terdampak pandemi Covid-19. Dalam melayani pendaftaran haji, Kementerian Agama atau Kemenag Wonogiri...

PDM Sukoharjo Dorong Penyintas Covid-19 Jadi Pendonor Plasma Konvalesen

Solopos.com, SUKOHARJO -- Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo bekerja sama dengan RS PKU Muhammadiyah mendorong agar penyintas Covid-19 menjadi...

Hobi Memancing Ikan di Solo Tak Terusik Pagebluk Covid-19

Solopos.com, SOLO — Hobi memancing ikan tak banyak terganggu pagebluk Covid-19 terjadi di Kota Solo, Jawa Tengah. Sarwanto, 51,...

Girang di Kolam Pemancingan Ikan Boyolali saat Pandemi Covid-19

Solopos.com, BOYOLALI — Memancing masih menjadi hobi digandrungi masyarakat, termasuk di kolam pemancingan ikan di Boyolali, pada masa pandemi...

Pandemi Covid-19 Mengadang, BP Jamsostek Klaten Tak Henti Bayarkan JHT

Solopos.com, KLATEN — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BP Jamsostek) Cabang Klaten, Jawa Tengah telah membayarkan 12.025 berkas klaim...

Puskesmas Kebakkaramat II Karanganyar Tetap Lakukan Vaksinasi Meski 13 Petugasnya Diisolasi

Solopos.com, KARANGANYAR -- Puskesmas Kebakkramat II, Karanganyar, tetap melaksanakan pelayanan vaksinasi Covid-19 meskipun 13 petugas di sana menjalani isolasi...

IDI Klaten Dorong Masyarakat Terapkan Cara Murah Meriah Cegah Covid-19

Solopos.com, KLATEN -- Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Klaten mendukung penuh pelaksanaan pencanangan vaksinasi Covid-19 yang dipimpin Bupati Klaten, Sri...