Migrasi TV Digital, Ini Cara dan Syarat Mendapatkan STB Gratis Kominfo

Untuk mendapatkan STB gratis dari Kominfo, cara pertama yang dilakukan adalah masyarakat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos.

 Ilustrasi Set Top Box TV Digital (Kominfo.co.id)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Set Top Box TV Digital (Kominfo.co.id)

Solopos.com, SOLO — Migrasi siaran TV analog ke TV digital dilakukan secara bertahap oleh pemerintah. Masyarakat yang kurang mampu bisa mendapatkan set top box atau STB gratis untuk mendapatkan siaran TV digital. Untuk mendapatkan STB gratis dari Kominfo ada beberapa cara dan syarat yang harus dipenuhi.

Syarat utamanya adalah penerima bantuan harus tercantum dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah menyiapkan piranti STB untuk dibagikan secara gratis. Sedikitnya sebanyak 6,7 juta keluarga miskin bakal mendapatkan subsidi alat untuk nonton siaran TV digital.

PromosiWork From Anywhere Ngetren di AS, Bakal Jadi Model Kerja Masa Depan?

Dengan bantuan STB gratis dari Kominfo itu, masyarakat yang memiliki TV analog tidak perlu mengganti televisi baru. Cukup memasang piranti agar masyarakat tetap menikmati siaran TV digital. Penyediaan STB sebagai upaya mendukung migrasi dari TV analog ke TV digital pada 2022 ini.

Tahap pertama ASO dimulai pada 30 April 2022. Mulai tanggal tersebut seluruh siaran TV analog akan dimatikan di wilayah yang masuk jadwal ASO tahap I.

Cara Mendapatkan STB Gratis

Langkah awal bagi masyarakat yang ingin memperoleh bantuan STB, mereka harus masuk dalam DTKS Kemensos. Minimal dalam satu keluarga tersebut memiliki satu unit TV analog.

Baca Juga: STB TV Digital Gratis untuk Warga Miskin Sukoharjo Disalurkan November

Sebagaimana dikutip dari laman indonesia.go.id, Kominfo mendorong masyarakat proaktif mengecek data DTKS. Bagi yang berminat dapat STB gratis, agar menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) e-KTP dan kartu keluarga (KK). Pemberian alat ini masuk kategori bantuan sosial (bansos).

Untuk mendapatkan STB gratis dari Kominfo, cara pertama yang dilakukan adalah masyarakat mendaftar bansos online dengan mengunduh aplikasi Cek Bansos terlebih dahulu di aplikasi Playstore pada gawai masing-masing.

Pada aplikasi Cek Bansos, Anda dapat memilih menu daftar usulan. Dari menu usulan dapat mendaftarkan diri Anda yang namanya sudah terdaftar di DTKS Kemensos.

Kemudian pada menu daftar usulan tadi silakan pilih menu tambah usulan. Kemudian dengan NIK KTP dan KK Anda, sistem akan memvalidasi serta mencocokkan data Anda. Apakah sudah sesuai atau belum.

Baca Juga: Siaran TV Digital Terestrial Belum Tersedia di Wonogiri, Penyebabnya?

Jika nama Anda sudah tervalidasi, selanjutnya Anda bisa memilih jenis bansos yang akan diajukan. Salah satunya adalah pemberian alat STB gratis.

Syarat Dapat STB Gratis

Selain mengetahui cara mendapatkan STB gratis dari Kominfo, masyarakat juga harus memahami syarat untuk mendapatkan bantuan itu, yaitu:

– Warga Negara Indonesia (harus dibuktikan dengan KTP) dan tergolong rumah tangga miskin dan mempunyai televisi (KK sebagai pelengkap).

– Harus terdaftar dalam DTKS Kemensos atau data perangkat daerah di bidang sosial.

– Lokasi penerima bantuan harus berada dalam cakupan yang terdampak ASO.

Mengenai alur distribusi STB gratis, Kominfo mengungkapkan, proses distribusi STB akan dilakukan secara pintu ke pintu (door to door).

“Pihak penyelenggara logistik ini yang akan door to door membawa STB ke penerima bantuan,” ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Kominfo Ismail.

Baca Juga: Begini Cara Pasang dan Pengaturan Set Top Box pada TV Analog

Dalam distribusi STB tersebut, Kementerian Kominfo akan menggandeng pihak ketiga. Mereka bertanggung jawab secara kontraktual dalam proses penyaluran sekaligus validasi. Adapun proses distribusi akan dimulai dengan pengiriman logistik STB ke gudang penyelenggara TV digital di 341 kabupaten/kota.

Setelah itu, petugas akan mendistribusikan STB dari pintu ke pintu ke penerima bantuan. Petugas lalu melakukan verifikasi dan validasi data penerima bantuan berdasarkan KTP, kartu keluarga, dan kepemilikan TV. Jika data tidak sesuai, maka STB akan dikembalikan ke gudang.

Tahap selanjutnya adalah serah terima STB sekaligus memasang perangkat sampai berfungsi dengan baik. Saat STB telah terinstal, akan muncul kode batang (QR code) pada layar televisi. Petugas lalu memindai QR code tersebut melalui aplikasi WhatsApp dan menginput nama, NIK/KK, alamat, serta memfoto penerima bantuan dan KTP.

“Keberadaan QR code tersebut untuk menjamin STB yang didistribusikan tepat sasaran. Di dalam QR code itu terdapat sejumlah data, termasuk lokasi dan produsen STB,” jelas Ismail.

Saat proses pembagian STB gratis untuk keluarga tak mampu, Kementerian Kominfo mengacu pada DTKS Kemensos. Menurut data tersebut, sebanyak 6.737.971 rumah tangga miskin tinggal di wilayah terdampak ASO. Data itu, berisikan detail informasi penerima bantuan, seperti nama, NIK, KK, hingga alamat lengkap.

Baca Juga: Jumlah Penonton TV Sudah Menurun Sebelum Migrasi TV Digital Dimulai

Program ASO dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama pada 30 April 2022 untuk 56 wilayah siaran di 166 kabupaten/kota, tahap kedua pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota, dan tahap ketiga pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 kabupaten/kota.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

+ PLUS Konsumen dan Aktivis Desak McDonald’s Asia Tinggalkan Kandang Baterai

Koalisi organisasi perlindungan hewan Act for Farmed Animals bersama Open Wing Alliance menyelenggarakan protes massal menuntut McDonald’s Asia menghentikan penggunaan telur ayam dari kandang baterai.

Berita Terkini

Cuci-Bilas-Keringkan Hanya 15 Menit, Ini Keunggulan Mesin Cuci AQUA Terbaru

Mesin cuci terbaru dari AQUA ini juga memiliki keunggulan lainnya seperti fitur Eco Inverter yang menjadikan mesin cuci lebih efisien.

Handphone Kamera Terbaik 2022 Ini Daftarnya, Silahkan Dipilih

Kamu bisa memilih sejumlah handphone dengan kamera terbaik dengan rentang harga Rp2 jutaan hingga Rp3 jutaan.

Ini Dia 5 Kode Redeem FF 27 Mei 2022, Buruan Klaim

Mereka yang tercepat melakukan klaim bisa mendapat item secara gratis, seperti skin dan senjata.

Mau Pesta di Luar Rumah, JBL PartyBox On The Go Siap Menemani

Produk JBL PartyBox On The Go, adalah speaker yang bisa dibawa kemana saja yang dilengkapi mikrofon nirkabel (wireless mic).

Asus Segera Rilis Laptop Bisnis Dengan Keunggulan Konektivitas

Perusahaan komputer ASUS segera merilis dua laptop bisnis, yakni ExpertBook B3 Flip dan ExpertBook B7 Flip dengan keunggulan konektivitas.

Pelajaran Penting dari Keruntuhan Sang Raksasa Seluler Nokia

Saat Apple baru memperkenalkan iPhone pada 2007, Nokia telah menguasai setengah dari penjualan smartphone di dunia. Saat Apple membukukan keuntungan USD 123,9 miliar atau setara Rp1,779 triliun per Desember 2021, nama Nokia justru mulai dilupakan.

Cara Main Game Gratis di Poki, Mudah dan Bisa Setiap Hari Lho

Bermain game gratis di website Poki bisa dilakukan melalui smartphone, komputer atau tab tanpa harus mengunduh game tersebut.

Ini Kunci Sukses Tim SMAN 2 Solo Juarai Turnamen Mobile Legends

Ternyata ini kunci keberhasilan tim SMAN 2 Solo sehingga mereka juarai turnamen Mobile Legends pada Minggu (22/5/2022).

Realme 9i Dirilis Dengan Harga Rp2 Jutaan, Ini Spesifikasinya

Terdapat beberapa fitur fotografi pada HP Realme 9i seperti 50 MP Mode, Night Mode, Panoramic View, Expert, Timelapse, Slow Motion.

iPhone 14, Ini Bocoran Spesifikasinya Yang Beredar di Media Sosial

Spesifikasi iPhone 14 beredar di media sosial, namun belum ada informasi kapan Apple akan meluncurkan smartphone barunya ini.

Diterapkan Akhir 2022, Ini Cara Bayar Tol Pakai Aplikasi di HP

Mulai akhir 2022 pembayaran tol bakal tidak menggunakan kartu e-toll tapi menerapkan sistem transaksi tol berbasis MLFF.

Tak Sertakan Charger Ponsel di Kardus, Samsung dan Apple Didenda

Menjual smartphone baru tanpa charger atau perangkat pengisi daya di dalam kardus di Brazil, perusahaan Samsung dan Apple dijatuhi denda.

Drone Makin Dibutuhkan, Riset dan Inovasi Dalam Negeri Masih Lemah

Masa depan penggunaan dan teknologi drone dalam negeri terkendala penelitian dan pengembangan atau riset dan inovasi yang lemah. Pangsa pasar yang sangat luas belum bisa dikuasai oleh industri drone dalam negeri.

4 Fungsi Aplikasi Kasir Super Pintar Untuk Menunjang Penjualan Anda

Aplikasi kasir pintar saat ini memang memiliki fungsi sebagai pengganti pencatatan manual.

Pabrik Mobil Listrik di Batang, Bandar Antariksa di Biak

Potensi pembangunan pabrik mobil listrik dan bateri mobil di Batang, Jawa Tengah, dan pembangunan bandar antariksa di Pulau Biak, Provinsi Papua, ditawarkan kepada bos Tesla Inc. dan SpceX, Elon Musk.

Ini Penyebab Memori Internal Smartphone Cepat Full

Salah satu penyebabnya adalah aplikasi, karena satu aplikasi bisa mencapai lebih dari 5 gigabyte.