SOLOPOS.COM - Ilustrasi kapal migran (www.independent.co.uk)

Migran serbu Eropa meninggalkan negara mereka yang terjadi peperangan.  

Solopos.com, ANKARA – Sebanyak 14 migran tewas menyusul tenggelamnya kapal yang mereka tumpangi di lepas pantai Turki. Sementara 27 penumpang lainnya berhasil diselamatkan aparat berwenang di Turki.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kapal tersebut dilansir Reuters, Rabu (11/11/2015), tenggelam di perairan yang memisahkan Pulau Lesbos, Yunani dan pantai Turki. Anak-anak menjadi bagian dari korban tewas.Puluhan ribu migran telah menempuh perjalanan berbahaya dari Turki menuju Eropa dalam beberapa bulan terakhir. Banyak pengungsi datang dari Timur Tengah dan Afrika.

Jumlah pengungsi dan migran yang memasuki Eropa yang melalui jalur laut pada bulan lalu, hampir sama dengan jumlah total pada 2014. Juru Bicara Komisioner Tinggi PBB untuk  Pengungsi (UNHCR), Adrian Edwards, mengatakan pada Oktober tercatat 218.394 orang, sementara jumlah total kedatangan pengungungsi dan migran yang mencapai Eropa dengan jalur serupa sekitar 219.000 orang.

“Itu merupakan jumlah tertinggi untuk kedatangan per bulan, hampir sama dengan jumlah keseluruhan pada 2014,” ujarnya pekan lalu.

Warga Suriah menjadi kelompok terbesar dalam gelombang pengungsi tersebut dengan menempati 53 persen dari jumlah total. Perang saudara di Suriah telah mendorong ratusan ribu warga negara tersebut meninggalkan rumah mereka.  Afganistan menyumbang 18 persen jumlah pengungsi berada di urutan kedua.

Meluapnya jumlah pengungsi, mengerek jumlah total pengungsi hingga Oktober mencapai 744.000 orang. Sementara 3.440 orang lainnya tewas atau hilang  di lautan saat tengah dalam perjalanan menuju Eropa.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya