Microsoft Luncurkan Office 2021, Kini Hadir dengan 2 Versi
Ilustrasi Microsoft Office 2021. (GSMArena)

Solopos.com, SOLO – Microsoft meluncurkan dua versi baru Office versi Office 2021 konsumen dan Office LTSC untuk pelanggan komersial. Keduanya akan tersedia akhir tahun ini untuk Windows dan macOS. Mirip dengan rilis Office 2019 sebelumnya, Office 2021 dirancang untuk mereka yang tidak ingin berlangganan varian Microsoft 365 yang didukung cloud.

Baca Juga: Akhirnya Jelas, Ini Cara Daftar Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia

Microsoft belum sepenuhnya merinci semua fitur dan perubahan di Office 2021, tetapi varian Office LTSC (Long-Term Servicing Channel) akan menyertakan hal-hal seperti dukungan mode gelap, peningkatan aksesibilitas, dan fitur seperti Dynamic Arrays dan XLOOKUP di Excel.

Melansir The Verge, Minggu (21/2/2021), Office 2021 akan menyertakan fitur serupa. Jangan berharap ada perubahan UI yang besar juga di sini. Mode gelap adalah perubahan yang jelas secara visual, tetapi Microsoft akan tetap memfokuskan sebagian besar antarmuka dan fitur yang didukung cloud pada versi Microsoft 365 Office terlebih dahulu.

Office LTSC adalah pengakuan yang jelas dari Microsoft bahwa tidak semua pelanggan bisnisnya siap untuk beralih ke cloud. “Ini hanya masalah mencoba bertemu pelanggan di mana pun mereka berada. Kami pasti memiliki banyak pelanggan yang telah beralih ke cloud selama 10 bulan terakhir, itu benar-benar terjadi secara massal,” jelas Jared Spataro, kepala Microsoft 365.

Baca Juga: Segudang Manfaat Tanaman Porang Dibudidayakan di Wonogiri: Laku Keras di Pasar Ekspor

Pada saat yang sama, dia menambahkan, pihaknya pasti memiliki pelanggan yang memiliki skenario tertentu di mana mereka merasa tidak dapat pindah ke cloud. Skenario spesifik tersebut mencakup industri yang diatur di mana proses dan aplikasi tidak dapat berubah setiap bulan, atau pabrik yang mengandalkan Office dan menginginkan rilis waktu terkunci.

Menyesuaikan Konsumen

Microsoft juga berkomitmen pada versi Office lainnya untuk masa depan, tetapi itu mengubah harga dan bagaimana versi baru ini akan didukung. Office LTSC sekarang hanya akan didukung selama lima tahun, bukan tujuh tahun yang biasanya disediakan Microsoft untuk Office.

Harga untuk Office Professional Plus, Office Standard, dan aplikasi individual juga meningkat 10 persen untuk pelanggan komersial, dengan harga konsumen Office 2021 dan bisnis kecil tetap sama. Waktu dukungan Office LTSC selaras lebih dekat dengan bagaimana Windows didukung, dan sebagai hasilnya Microsoft juga menyelaraskan jadwal rilisnya untuk Office dan Windows.

Baca Juga: Buka Suara Soal Perselingkuhannya dengan Nissa Sabyan, Ayus Mengaku Khilaf

Kedua versi Office LTSC dan Windows 10 LTSC berikutnya akan dirilis pada paruh kedua tahun 2021. “Waktu keduanya akan sangat dekat, meskipun kami belum memiliki detail untuk rilis Windows. Idenya adalah untuk mendekatkan mereka sehingga perusahaan dapat menerapkan dan mengelolanya pada jenis irama yang serupa,” kata Spataro.

Microsoft sekarang berencana untuk merilis pratinjau Office LTSC pada April, dengan rilis penuh akhir tahun ini.

Varian konsumen Office 2021 tidak akan tersedia dalam pratinjau. Kedua varian Office baru juga akan dikirimkan dengan OneNote dan menyertakan versi 32-bit dan 64-bit.

 

Sumber: Antara



Berita Terkini Lainnya








Kolom