SOLOPOS.COM - Kantor Microsoft (Antara)

Solopos.com, JAKARTA-Microsoft mengancam akan membatasi atau memutus akses ke data pencarian internet jika pesaing terus menggunakannya untuk menggerakkan chatbot artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan mereka sendiri.

Menurut laporan Bloomberg, Microsoft melisensikan data indeks pencarian Bing, sebuah peta internet yang dapat dipindai secara terkini, ke beberapa perusahaan mesin pencari seperti Yahoo dan DuckDuckGo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengutip Bloomberg yang disiarkan Sabtu (25/3/2023) waktu setempat, Microsoft mengklaim bahwa penggunaan indeks pencarian Bing sebagai dasar untuk menjalankan chatbot AI milik pesaing merupakan pelanggaran ketentuan kontrak yang telah disepakati.

Ekspedisi Mudik 2024

Tak disebutkan secara spesifik perusahaan mana yang dimaksud Microsoft, namun, produsen perangkat lunak itu disebut telah memberi peringatan kepada dua pelanggannya.

“Kami telah menghubungi mitra yang tidak patuh karena kami terus secara konsisten menegakkan ketentuan kami secara menyeluruh,” kata Microsoft dalam sebuah pernyataan.

“Kami akan terus bekerja dengan mereka secara langsung dan memberikan informasi apa pun yang diperlukan untuk menemukan jalan ke depan,” kata Microsoft.

Belum lama ini, Microsoft mengintegrasikan ChatGPT, teknologi kecerdasan buatan yang didukung oleh OpenAI, ke dalam mesin pencari Bing. Penggunaan chatbot itu bertujuan untuk menggabungkan kemampuan yang dimiliki ChatGPT dengan mesin pencari konvensional.

Menyusul popularitas ChatGPT, para kompetitor Microsoft turut meluncurkan chatbot AI mereka sendiri. Pekan ini, Google Alphabet merilis chatbot AI bernama Bard.

DuckDuckGo juga memperkenalkan DuckAssist yang memanfaatkan AI untuk meringkas jawaban dari permintaan pencarian. Selain itu, pesaing lainnya, You.com dan Neeva juga telah meluncurkan layanan pencarian berbasis AI masing-masin yaitu YouChat dan NeevaAI.

DuckDuckGo, You.com, dan mesin pencari reguler Neeva menggunakan Bing untuk menyediakan beberapa informasi mengingat mengerjakan indeks seluruh web merupakan sesuatu yang mahal.

Microsoft dan Google adalah dua perusahaan di dunia yang mengindeks seluruh web. Keterbatasan Google dalam penggunaan indeksnya telah menyebabkan hampir semua mesin pencari lainnya menggunakan Bing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya