SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Michael Phelps. (arsip JIBI/SOLOPOS)

NEW YORK—Michael Phelps dan Allyson Felix dianugerahi gelar atlet terbaik 2012-2012 versi Komite Olimpiade Amerika Serikat (USOC), Senin (17/9/2012) waktu setempat. Phelps dan Felix mendapat penghargaan ini setelah memberikan prestasi luar biasa dalam Olimpiade London 2012, Agustus lalu.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Bagi Phelps, gelar ini merupakan penghargaan sebagai atlet terbaik ketiga yang diterimanya sepanjang tahun ini. Perenang 27 tahun ini terpilih sebagai atlet putra terbaik setelah memboyong empat medali emas dari London 2012.

Empat emas itu sekaligus melengkapi daftar perolehannya selama tampil di olimpiade menjadi 18 emas. Rekor ini terbanyak sepanjang sejarah dan belum ada yang mampu menandingi.

Dengan torehan medali terbanyak, selain USOC yang menganugerahi Phelps gelar atlet terbaik, berbagai kalangan juga menganggap perenang asal Baltimore ini sebagai atlet tersukses di olimpiade.

Sementara, Felix terpilih sebagai atlet putri terbaik setelah mempersembahkan emas pada nomor lari 200 meter. Selain memenangi nomor 200 meter, Felix juga turut berjasa membantu tim AS merebut emas pada lari estafet putri nomor 4×100 meter dan 4×400 meter.

Selain Phelps dan Felix, dalam kesempatan itu USOC juga memberi penghargaan dalam beberapa kategori berbeda. Untuk tim terbaik, USOC menganugerahi penghargaan kepada tim dayung putri AS.

Sedang, perenang Jessica Long dan pelari kursi roda, Raymond Martin,dianugerahi penghargaan sebagai atlet paralympic terbaik. Sedang, untuk tim paralympic terbaik, jatuh kepada tim tenis kursi roda.

“Kami sangat bangga untuk memberi kehormatan bagi atlet putra dan putri yang menjadi duta terbaik dalam olahraga, tim Amerika Serikat serta olimpiade,” pernyataan pimpinan eksekutif USOC, Scott Blackmun dilansir Reuters.

“Melalui komitmen mereka untuk menjadi yang terbaik baik di dalam maupun luar lapangan, mewakili negara dengan hasil luar biasa. Dan prestasi yang telah mereka raih mampu memberi inspirasi bagi seluruh masyarakat,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya