SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Produk mie instan buatan Indonesia masuk dalam jajaran produk mi instan termurah di dunia. Bukan hanya murah, produk mi instan Indonesia terkenal paling simpel atau sederhana dari sisi produk.

“Misalnya di Taiwan harganya satu bungkus Rp 5000 kita masih Rp 1000-1500. Mie kita paling simpel dan paling murah di dunia,” kata Ketua  Asosiasi Pengusaha Industri Pangan Indonesia (Aspipin) Boediyanto saat dihubungi, Selasa (12/10).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Boediyanto menambahkan, jika dibandingkan dengan produk mie instan Jepang, harganya bisa 13 kali lipat dari harga mi instan Indonesia. Ukurannya pun lebih besar hingga empat kali lipat lebih besar produk mie instan Jepang. “Jadi kalau makan mi seperti makan siang,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia menjelaskan mengapa harga mi instan Indonesia lebih murah, karena skala produksinya yang paling besar di dunia, per tahunnya produksi mi instan Indonesia mencapai miliaran bungkus. Selain itu  tingkat efisiensi produksi relatif lebih baik dan daya beli masyarakat yang masih rendah membuat produsen tetap membuat produk mi instan yang  bisa dijangkau banyak kalangan.

Ia juga  mengatakan produk mi instan Indonesia masih tertinggal satu generasi dibandingkan dengan produk negara-negara produsen mi instan lainnya seperti Taiwan, Jepang dan lain-lain. Negara seperti Taiwan sudah lama mengembangkan mi instan berbasis bumbu ekstrak dan pasta dengan konsekuensi harganya lebih mahal.

“Mi-nya sudah berbeda, dia (Taiwan) lebih maju satu generasi dibandingkan dengan kita,” katanya.

dtc/tiw

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya