Mewahnya Pernikahan di Gedung Megah
Foto Wisma Batari (Dokumentasi)
Foto Wisma Batari (Dokumentasi)

SOLO--Melangkah menuju pintu gerbang pernikahan menjadi impian setiap pasangan. Peristiwa itu terasa semakin indah ketika digelar di tempat istimewa seperti di gedung pertemuan maupun di hotel.

Tempat tersebut kini menjadi alternatif yang banyak dipilih oleh calon mempelai. Selain praktis, menggelar pesta pernikahan di gedung pertemuan dan hotel bagi sebagian orang dinilai memberikan prestise dan menjadi kebanggaan tersendiri.

Mencari gedung maupun hotel sebagai tempat penyelenggaraan resepsi pernikahan di Solo bukan perkara sulit lantaran tempat tersebut bertebaran dari mulai di jantung kota hingga di pinggiran kota.

Beberapa gedung pertemuan dan hotel di Solo yang kerap menjadi tempat penyelenggaraan pernikahan di antaranya Graha Waris Sejahtera di Jl Yosodipuro 144 Solo, Gedung Wisma Batari, Diamond, Restoran Orient, Hotel Dana semuanya di Jl Slamet Riyadi Solo, Ghara Saba Buana Jl Letjen Suprapto Solo dan beberapa tempat lainnya.

Sales Marketing Officer Hotel Dana Solo, Berty Widiyatna, mengatakan saat ini orang mencari sesuatu yang praktis termasuk dalam memilih tempat resepsi pernikahan.

“Kalau menikah di hotel orang tidak perlu repot karena tempat tinggal pakai, rumah juga tidak akan kotor. Ada juga orang yang menggelar pernikahan di hotel karena alasan prestise,” katanya ketika dijumpai Espos di kantornya, Selasa (28/8).

Untuk menyelenggarakan pernikahan di hotel, lanjutnya, dapat memilih dua alternatif seperti cukup menyewa gedung atau memilih paket yang disediakan. Biaya sewa gedung di Hotel Dana pada Sabtu atau Minggu tahun ini Rp8,85 juta, sementara biasa sewa gedung pada hari biasa Rp7,85 juta.

Dengan biaya itu, penyewa berhak mendapat fasilitas Pendapa Agung Hotel Dana, kamar pengantin, spa wedding untuk mempelai perempuan dan kamar rias. Fasilitas penunjang di antaranya pelaminan atau krobongan, kursi pengantin, dekorasi pintu masuk, bunga tabur, kembang mayang, sound system, 800 kursi, meja penerima tamu, izin keramaian dan lainnya.

“Kalau ingin ditambah dekorasi bunga segar dikenakan tambahan Rp750.000 hingga Rp 1.250.000. Selain itu, jika menggunakan katering dari luar juga dikenakan cover cash Rp2.000 per orang. Tapi kalau ingin lebih komplet bisa memilih paket plus kateringnya,” terangnya.

Bagaimana jika tamu yang diundang melebihi kuota? Anda juga tak perlu khawatir karena tempat tersebut juga menyediakan kursi tambahan dengan kapasitas 1.500 orang.

“Rata-rata gedung disewa untuk menyelenggarakan pernikahan selama dua jam baik pagi maupun malam hari. Tapi untuk persiapan, pihak penyelenggara bisa datang lebih awal. Kalau ingin paket, kami menyediakan mulai harga Rp28,5 juta plus katering dan fasilitas tambahan lainnya,” ujarnya.

Alternatif lain tempat penyelenggaraan pernikahan di Solo salah satunya di Graha Waris. Gedung pertemuan yang berada di depan Solo Paragon Mall tersebut siap menjadi saksi Anda mewujudkan pernikahan indah tak terlupakan.

Jika hanya menyewa gedung sebagai tempat pernikahan, biaya yang dipatok pada akhir pekan atau Sabtu dan Minggu Rp5 juta, sementara biaya sewa pada hari biasa Rp4,25 juta. Dengan biaya tersebut, penyewa bakal mendapat fasilitas sound system, ruangan ber-AC dan kursi 700 orang serta pemakaian gedung selama enam jam.

“Kalau tidak ingin repot, kami juga menyediakan paket pernikahan termasuk kateringnya. Yang jelas, kami ingin membantu mewujudkan keinginan konsumen, jadi mereka cukup datang hanya orangnya saja juga bisa,” kata pengelola Graha Waris Sejahtera, Hendras.

Jika ingin menambah kursi tamu, pihaknya siap memfasilitasi dengan biaya tambahan Rp1.500 per kursi. “Gedung kami bisa menampung hingga Rp1.500 tamu undangan,” imbuhnya.

Menyewakan gedung untuk tempat resepsi pernikahan juga dilakukan pengelola Gedung Sri Wijaya. Gedung tersebut memiliki pelaminan permanen sehingga bisa digunakan untuk resepsi pernikahan kapan pun.

Khusus sewa gedung di tempat tersebut dikenakan biaya Rp6 juta untuk pemakaian acara rata-rata selama dua jam. Fasilitas yang didapat di antaranya meja kursi dengan kapasitas 600 orang, kembar mayang, tuwuhan, video shooting, sound system, meja penerima tamu dan ruang rias.

“Harga sewa gedung tidak kami bedakan, mau week end maupun hari biasa tetap sama. Tapi kalau ada tambahan kursi dikenakan biaya per 100 kursi Rp160.000. Kami juga menyediakan paket plus katering” katanya.

Berbeda dengan gedung pertemuan lainnya, Gedung Wisma Batari di Jl Slamet Riyadi Solo hanya menyediakan paket pernikahan meliputi sewa gedung dan perlengkapan lainnya plus katering. Paket di tempat tersebut dibanderol mulai Rp27.450.000 untuk kapasitas 800 tamu undangan.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom