SOLOPOS.COM - Satu unit sepeda motor untuk Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Jebres, Solo, Sabtu (4/2/2023). (Istimewa/Sumilir Wijayanti)

Solopos.com, SOLO– Satu unit sepeda motor menjadi doorprize Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangcam) Jebres, Solo, Sabtu (4/2/2023). Tingkat partisipasi warga dalam perencanaan pembangunan Kota Solo tinggi.

Sekretaris Bappeda Kota Solo, Sumilir Wijayanti, menjelaskan doorprize dengan satu unit sepeda motor merupakan kali pertama di Kecamatan Jebres. Hadiah serupa belum pernah ada di kecamatan lain di Kota Solo.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Doorprize merupakan sukarela dari lembaga, anggota DPRD, CSR lokal, tokoh masyarakat. Itu komitmen mereka memberikan perhatian untuk mengawal perencanaan pembangunan dari bawah sesuai aspirasi masyarakat,” kata dia kepada Solopos.com, Minggu pagi.

Selain satu unit sepeda motor, lanjut dia, ada berbagai doorprize yang disiapkan supaya peserta atau delegasi Musrenbangcam semangat mengawal aspirasi masyarakat, antara lain kipas angin, sepeda, TV, dan rice cooker. Satu unit sepeda motor merupakan pemberian Ketua Komisi II DPRD Solo Honda Hendarto.

Sumilir mengatakan kecamatan yang telah melakukan Musrenbangcam merupakan Kecamatan Jebres dan Serengan, Sabtu (4/2/2023). Tiga kecamatan lain kemungkinan akan dilakukan Jumat (10/2/2023) atau setelahnya.

Menurut dia, tingkat partisipasi masyarakat dalam Musrenbangcam dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kecamatan (Musrenbangkel) di Kota Solo cukup tinggi yakni sekitar 80% dari total undangan. Musrenbangcam Jebres sampai sekitar 94%.

“Kami melihat ini sebagai hal positif, masyarakat sangat peduli terhadap proses perencanaan pembangunan. Kemudian tingkat kehadiran itu menunjukkan  komitmen untuk mengawal proses perencanaan dan memastikan aspirasi mereka,” papar dia.

Sumilir mengatakan sudah ada sistem mengenai musyawarah perencanaan pembangunan sehingga masyarakat dapat memantau langsung, mengikuti prosesnya, ada keterbukaan, terjadi musyawarah mufakat, dan menentukan prioritas.

“Sangat baik sebagai bagian dari proses demokrasi dan kualitas perencanaan pembangunan betul-betul mengentaskan permasalahan yang dihadapi masyarakat,” ungkap dia.

Menurut dia, Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Solo dijadwalkan berlangsung Maret 2023. Selanjutnya Musyawarah Perencanaan Pembangunan dilakukan setelahnya. Gubernur Jateng Ganjar Pranowo biasanya hadir. Musyawarah perencanaan pembangunan disusun untuk program tahun berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya