SOLOPOS.COM - Ilustrasi kerusakan akibat meteorit di Rusia. (beforeitsnews.com)

Ilustrasi kerusakan akibat meteorit di Rusia. (beforeitsnews.com)

MOSKOW – Untuk membantu memperbaiki kerusakan kawasan akibat dihantam meteorit pada Jumat (15/2), pemerintah Daerah Chelyabinsk meminta pemerintah pusat Rusia menyediakan anggaran sebesar US$16,6 juta. Hal ini disampaikan kata gubernur daerah Mikhail Yurevich pada Senin(18/2/2013).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jendela hancur dan tembok rusak pada 4.715 gedung karena guncangan meteorit yang jatuh di kawasan Pegunungan Ural itu. Sebagian besar bangunan rusak adalah permukiman warga.

Meteorit melintasi langit dan jatuh di Wilayah Chelyabinsk. Sebanyak 1.000 penduduk terluka akibat pecahan kaca.

“Kami telah mengajukan permintaan bantuan pemerintah pusat sebesar US$16,6 juta,” kata Yurevich.

“Meskipun begitu nilai kerugian akibat meteorit lebih besar dari itu.” Dia mengatakan bahwa total kerusakan senilai US$33,2 juta.

Petugas penyelamat pada Senin (18/2) pagi waktu setempat menerangkan telah memperbaiki lebih dari 3.500 gedung yang terguncang oleh meteorit.

Partai Rusia Bersatu yang sedang berkuasa menyerukan pebisnis di kota itu untuk tidak memanfaatkan musibah itu sebagai ajang mencari laba sebesar-besarnya seiring meningkatnya permintaan material bangunan.

Pernyataan itu keluar setelah terdapat laporan berbagai perusahaan yang menaikkan harga kaca jendela dan material bangunan lainnya setelah insiden jatuhnya meteorit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya