SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Lionel Messi. JIBI/SOLOPOS/Reuters

CATALUNYA—Mirip dengan superstar tenis asal Swiss, Roger Federer, striker Barcelona, Lionel Messi, juga tak bisa terlepas dari torehan baru kala menjalani laga. Megabintang asal Argentina itu kembali membuat rekor saat membawa Barcelona melaju ke babak 16 besar Liga Champions dengan membungkam Spartak Moskow, Rabu (21/11/2012).

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Barcelona menang dengan skor telak 3-0 atas Spartak pada penyisihan Grup G di Olimpiyskiy Stadion Luzhniki. Gol-gol Blaugrana dua di antaranya dicetak Messi dan satu gol lainnya diciptakan Dani Alves.

Sepasang gol Messi ini tak hanya membawa Barca melaju ke fase knockout. Dilansir Reuters, dua gol Messi membuatnya mensejajarkan namanya dengan eks striker Manchester United, Rudd van Nistelrooy dalam daftar top skor kedua di Liga Champions.

Messi kini total telah mengoleksi 56 gol di kompetisi paling prestisus di daratan Eropa tersebut. Gol-gol tersebut dicetak Messi dalam kurun delapan musim atau selama 73 pertandingan bersama Barcelona.

Sementara, Nistelrooy menorehkan 56 golnya dalam durasi 11 tahun bersama tiga klub berbeda, yakni PSV Eindhoven, Manchester United dan Real Madrid.

Torehan Messi hanya mampu diungguli oleh eks striker Real Madrid, Raul Gonzales. Striker Spanyol ini menempati urutan teratas dalam daftar topskor Liga Champions dengan 71 gol. Meski demikian, Messi mampu menyamai rekor Raul dalam menyarangkan gol di 19 kota berbeda selama Liga Champions.

Selain itu, Messi juga hampir menyamai rekor yang diukir Gerd Muller dengan mencetak 80 gol dalam satu tahun kalender. Jumlah ini lebih sedikit lima gol dari torehan yang diukir Muller pada tahun 1972.

“Leo memecahkan semua rekor, dia seorang yang spektakuler, impresif. Sangat menyenangkan memiliki dia bersama kami,” ujar rekan setim Messi, Pedro dilansir situs resmi Barcelona.

Messi telah menjadi top skor Liga Champions selama empat musim. Sementara, 14 gol yang dicetaknya sepanjang musim lalu menjadi jumlah gol terbanyak yang dibuat seorang pemain selama satu musim kompetisi.

“Semua orang membicarakan Leo, gol-gol dan rekor-rekor tapi itu semua lebih soal kesadarannya dan taktik. Cara dia bertahan dan menyerang membantu tim di semua lini,” tutur pelatih Barcelona, Tito Vilanova.

Dalam daftar 10 besar top skorer Liga Champions saat ini, tercatat hanya ada dua nama yang masih berpeluang menambah pundi-pundi golnya. Selain Messi, di posisi dua ada Cristiano Ronaldo yang secara keseluruhan menempati urutan sembilan dengan 43 gol dari 84 pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya