SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi. JIBI/SOLOPOS

ZURICH—Ke-23 nama pemain kandidat peraih Ballon d’Or 2012 telah resmi diumumkan federasi sepak bola dunia (FIFA).  Rivalitas sengit antara dua pemain terbaik dunia, Lionel Messi dari Barcelona dan Cristiano Ronaldo (Barcelona) untuk dilabeli pemain terbaik dunia musim ini pun kembali memanas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Messi memiliki modal cukup kuat untuk kembali merebut Ballon d’Or. Peraih gelar terbaik dunia tiga kali beruntun pada edisi sebelumnya ini penampilannya terus mengkilap dan tak kunjung surut.

Ekspedisi Mudik 2024

Musim lalu saja, Messi tercatat sebagai pemain tersubur di kancah Eropa. Penyerang 25 tahun asal Argentina ini menyarangkan 73 gol, baik kompetisi domestik maupun Eropa.

Meski demikian, Ronaldo tak kalah moncer. Superstar asal Portugal ini memang hanya mampu mencetak 60 gol selama musim lalu atau 13 gol lebih sedikit dibanding Messi. Meski demikian, kontribusinya bagi tim yang begitu besar membuatnya masih layak diperhitungkan merebut Ballon d’Or musim ini.

Namun, selain Messi dan Ronaldo masih ada satu sosok lagi yang memiliki kans besar memenangi penghargaan terbaik dunia itu. Dia adalah rekan setim Messi, Andres Iniesta.

Meski tak sesubur Messi maupun Ronaldo, Iniesta tergolong pemain yang enerjik. Gelandang Barca ini juga memiliki rekor yang apik, tak hanya di klub tapi juga di timnas dengan mempersembahkan Piala Eropa untuk Spanyol 2012.

Namun, persaingan antara Real Madrid dan Barcelona di Ballon d’Or tak hanya dimiliki Messi, Iniesta dan Ronaldo.  Enam punggawa Real Madrid ada dalam daftar. Selain Iker Casillas dan Ronaldo yang difavoritkan, ada pula Sergio Ramos, Xabi Alonso, Mesut Ozil, dan Karim Benzema. Sedang Barca mencantumkan lima pemain, yakni Gerard Pique, Sergio Busquets, Iniesta, Xavi Hernandez, dan Messi.

Yang ironis adalah nasib dua finalis Liga Champions Eropa musim lalu, Chelsea dan Bayern Munich. Kedua klub ini hanya menyumbangkan satu nama dalam daftar 23 kandidat Ballon d’Or, yakni Didier Drogba [Chelsea] dan Manuel Neuer [Munich].
Sementara, juara Liga Premier musim lalu, Manchester City mewakilkan tiga nama, yakni Sergio Aguero, Yaya Toure dan Mario Balotelli. Sedang tetangga sebelah City, Manchester United, mencantumkan dua penyerangnya, Wayne Rooney dan Robin Van Persie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya