Tutup Iklan

Meski Takut, Siswa SD di Madiun Rela Disuntik Vaksin Demi Belajar di Sekolah

Para siswa SD yang berusia 12 tahun di Kota Madiun mengaku rela mengesampingkan rasa takut mereka disuntik vaksin Covid-19 demi bisa belajar dan bermain di sekolah.

 Seorang siswa disuntik vaksin Covid-19 di kegiatan vaksinasi massal bagi siswa SD di SDN 2 Mojorejo Kota Madiun, Kamis (16/9/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

SOLOPOS.COM - Seorang siswa disuntik vaksin Covid-19 di kegiatan vaksinasi massal bagi siswa SD di SDN 2 Mojorejo Kota Madiun, Kamis (16/9/2021). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)

Solopos.com, MADIUN — Seribuan siswa SD di Kota Madiun mendapatkan vaksinasi Covid-19. Hal ini menjadi persiapan sebelum mereka mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah mulai awal pekan depan.

Para siswa sekolah dasar itu pun menyambut gembira rencana pelaksanaan pembelajaran tatap muka itu. Terlebih selama masa pandemi Covid-19, para siswa itu lebih banyak belajar di rumah dibandingkan ke sekolah.

Seorang siswa SDN 01 Kartoharjo, Mey Wahyu Ramadhani, 12, mengaku sangat senang telah divaksin Covid-19. Menurutnya, ini adalah salah satu cara untuk melindungi diri serangan virus corona.

“Tadi sempat takut sebelum disuntik. Tapi setelah itu ternyata tidak sakit sama sekali,” kata warga Kelurahan Manguharjo itu kepada Madiunpos.com (jaringan Solopos Media Group), Kamis (16/9/2021).

Baca Juga: Timbulkan Kerumunan, Polisi Bubarkan Acara Musik di Ponorogo

Mey menuturkan sangat senang dan merindukan sekolah tatap muka. Hampir dua tahun ia harus belajar daring di rumah. Dia merindukan suasana sekolah yang ramai. Selain itu juga merindukan para guru dan teman-temannya.

Hal senada juga dikatakan Ardhifo Niki Pratama, 12, siswa SDN 02 Tawangrejo. Ardhifo juga sangat senang karena akan segera mengikuti pembelajaran tatap muka di sekolah.

“Kangen bermain di sekolah bersama teman-teman. Kalau main di rumah kurang seru,” kata dia.

Ardhifo mengaku sejak awal tidak takut disuntik vaksin Covid-19. Dia pun hanya mempersiapkan diri dengan makan makanan bergizi.

Baca Juga: Senin PTM, Seribuan Siswa SD di Kota Madiun Ikuti Vaksinasi

Tak Buru-Buru PTM

Sementara itu, Wali Kota Madiun, Maidi, mengatakan sebanyak 1.000 siswa sekolah dasar yang usianya 12 tahun mendapatkan vaksinasi Covid-19. Kegiatan vaksinasi bagi siswa SD ini dipusatkan di SDN 2 Mojorejo, Kecamatan Taman, Kamis.

“Siswa SD kelas VI yang usianya sudah 12 tahun dan belum divaksinasi harus mengikuti vaksinasi ini,” kata Maidi.

Dia menjelaskan vaksinasi ini menjadi salah satu persiapan sebelum pembelajaran tatap muka digelar. Maidi mengaku tidak mau terburu-buru dalam menggelar PTM. Menurutnya, PTM boleh digelar setelah seluruh siswa disuntik vaksin.

“Nanti sebelum masuk, seluruh siswa juga akan dites swab antigen. Setelah semuanya dinyatakan sehat, baru boleh masuk,” jelas dia.

Baca Juga: Covid-19 Jatim Terus Membaik, Tingga Satu Zona Oranye, Lainnya Kuning

Maidi menjelaskan untuk vaksinasi kepada siswa SMP dan SMA juga terus berjalan. Dalam waktu dekat, 3.000 pelajar SMA dan SMP juga akan menjalani vaksinasi dosis kedua.

Pembelajaran tatap muka, kata Maidi, akan dilaksanakan mulai Senin (20/9/2021). PTM yang digelar pun dilaksanakan secara terbatas. Selain waktu belajarnya yang dibatasi juga jumlah siswa yang masuk.


Berita Terkait

Berita Terkini

Korban Meninggal 43 Orang, Evakuasi Sempat Terhenti karena Awan Hitam

Korban meninggal akibat erupsi Semeru menjadi 43 orang hingga Kamis (9/12/2021) pukul 12.00 WIB, tetapi evakuasi sempat dihentikan sementara karena awan hitam pekat di sekitar Curah Kobokan.

Tim SAR Sisir 2 Desa, Cari 13 Korban Erupsi Semeru yang Belum Ditemukan

Tim SAR gabungan fokus menyisir Desa Sumberwuluh dan Curah Kobokan untuk mencari 13 orang warga yang dinyatakan hilang pascaerupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Sabtu (4/12/2021).

31 Dokter Hewan Cek Kesehatan Ternak Terdampak Erupsi Gunung Semeru

Sebanyak 31 dokter hewan tergabung dalam PDHI 7 Jatim melayani pemeriksaan hewan ternak terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang secara door to door.

Pemkab Lumajang Persiapkan Relokasi Warga Korban Letusan Semeru

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang tengah mempersiapkan langkah untuk melakukan relokasi bagi warga wilayah tersebut yang menjadi korban letusan Gunung Semeru.

Waduh, Pengangguran di Kota Malang Tambah 1.300 Orang Gegara Pandemi

Badan Pusat Statistik atau BPS mencatat angka pengangguran di Kota Malang, Jawa Timur (Jatim), bertambah selama pandemi Covid-19.

Jelang Nataru, Gerai Vaksinasi Covid-19 Dibuka Lagi di Madiun

Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Pemerintah Kota Madiun membuka gerai vaksinasi Covid-19 di Sumber Wangi.

Berebut 153 Kursi, 362 Peserta Ikut SKB CPNS Ponorogo

Sebanyak 362 peserta akan mengikuti seleksi kompetensi bidang atau SKB CPNS di lingkungan Pemkab Ponorogo, Jawa Timur (Jatim).

Tragis! Adu Kuat Menyelam, Gadis 12 Tahun di Banyuwangi Meninggal

FA, gadis berusia 12 tahun asal Desa Sumberberas, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi. Ia tenggelam di kolam pemandian orang dewasa.

Genjot PAD, DPRD Ponorogo Dukung Pengembangan Usaha PD Sari Gunung

DPRD Kabupaten Ponorogo mendukung langkah Pemkab Ponorogo yang akan melakukan pengembangan usaha Perusahaan Daerah (PD) Sari Gunung untuk menggenjot PAD.

Demi Ini, Korban Erupsi Semeru Jadi Penunjuk Jalan Tim Rescue

Kisah pria paruh baya yang disebut-sebut menjadi penunjuk jalan sukarela bagi tim rescue erupsi Gunung Semeru karena ingin mencari anaknya yang hilang saat bencana alam tersebut.

Alhamdulillah, Gaji Pekerja Upahan di Pasar Madiun Naik Rp200.000/Bulan

Para pekerja upahan di pasar tradisional di Kota Madiun mulai tahun depan akan mengantongi gaji Rp1,8 juta hingga Rp2 juta.

Bertambah, Korban Meninggal 35 Orang Akibat Erupsi Gunung Semeru

Korban meninggal akibat erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur bertambah menjadi 35 orang hingga Rabu (8/12/2021) pagi.

Viral Aksi Sukarelawan Tolong Seekor Bebek Terjebak Abu Vulkanik Semeru

Viral video beberapa orang sukarelawan menyelamatkan seekor bebek yang terjebak abu vulkanik dampak dari guguran awan panas Gunung Semeru.

Dampak Erupsi Semeru, 22 Orang Dilaporkan Masih Hilang

Sebanyak 22 orang dilaporkan masih hilang atau belum ditemukan akibat erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jatim, akhir pekan lalu.

Perbaikan LRT Jabodebek Tunggu Komponen dari Spanyol

Direktur Utama PT Industri Kereta Api (Inka), Budi Noviantoro, menyampaikan progres perbaikan kereta LRT Jabodebek sudah mencapai 60%.