Ilustrasi laga PSIS Semarang Vs PSM Makassar. (Instagram @psisfcofficial)

Solopos.com, SEMARANG — PSIS Semarang harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari Piala Presiden 2019. Meski pun pada laga pamungkas Grup C, skuat berjuluk Mahesa Jenar itu mampu menundukkan runner up Liga 1 musim lalu, PSM Makassar, dengan skor 1-0 di Stadion Moch Soebroto, Kota Magelang, Sabtu (16/3/2019) malam.

Gol semata wayang PSIS Semarang diciptakan striker asal Brasil, Claudir Marini Jr., melalui titik putih pada menit ke-83. PSIS Semarang mendapat hadiah penalti setelah pemainnya, Tegar Infanteri, dilanggar Rasyid Bakri di kotak terlarang PSM Makassar pada menit ke-81.

Wasit Oki Dwi Putra dari Bandung yang melihat kejadian itu pun langsung memberikan hadiah penalti untuk PSIS Semarang. Marini yang dipercaya sebagai eksekutor tak menyianyiakan kesempatan itu untuk menjebol gawang PSM Makassar yang dijaga Rivky Mokodompit.

Kendati meraih kemenangan atas PSM Makassar, PSIS Semarang tetap harus menerima kenyataan pahit tersingkir dari ajang Piala Presiden 2019. Skuat besutan Jafri Sastra itu kalah agregat dengan dua tim di atasnya, Kalteng Putra FC dan Persipura Jayapura.

Kalteng Putra FC yang sebelumnya berada di urutan ketiga klasemen Grup C, secara mengejutkan justru lolos sebagai pemuncak klasemen. Kepastian itu diraih Laskar Isen Mulang setelah pada laga sore hari sukses menundukkan Persipura Jayapura dengan skor telak 3-1.

Persaingan di Grup C Piala Presiden 2019 memang terbilang sengit. Tiga tim, yakni Kalteng Putra FC, Persipura, dan PSIS Semarang, memiliki poin sama, yakni enam.

Meski demikian, Kalteng Putra FC berhak menempati capolista setelah menjadi yang terproduktif dengan memasukkan empat gol dan kebobolan dua kali. Sementara, Persipura menempati posisi runner up setelah mengoleksi lima gol dan kebobolan empat kali.

Sedangkan PSIS Semarang harus berada di urutan ketiga dengan koleksi tiga gol dan kebobolan sebanyak tiga kali.

Regulasi Piala Presiden yang hanya menempatkan dua tim teratas di setiap grup untuk lolos ke babak kedua atau fase knock out pun akhirnya membuat PSIS Semarang harus menerima kenyataan tersingkir.

Tersingkirnya PSIS Semarang seakan menambah daftar tim tuan rumah yang gagal melaju ke babak kedua Piala Presiden 2019. Sebelumnya, Persib Bandung yang menjadi tuan rumah Grup A dan PSS Sleman yang menjadi tuan rumah Grup D sudah lebih dulu tersingkir dari ajang ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten