Meski Sembuh, Virus Corona Bakal di Tubuh Seumur Hidup?
Ilustrasi pasien virus corona. (Freepik)

Solopos.com, SOLO — Masyarakat dihebohkan dengan kabar yang menyebut virus corona (Covid-19) bakal berada di tubuh pasien yang sudah terinfeksi seumur hidup. Meski sudah sembuh, pasien virus corona dikabarkan akan tetap memiliki virus tersebut di dalam tubuhnya.

Benarkah itu?

World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia perwakilan Indonesia menegaskan kabar tersebut tak benar. Jika pasien sudah dinyatakan sembuh, maka virus corona tak bertahan di tubuh pasien sepanjang hidup.

Pemerintah Datangkan Reagen dan 1 Juta Bahan Baku APD dari Korsel

"Anda bisa sembuh dari #COVID19. Meskipun terinfeksi #coronavirus baru, tidak berarti Anda akan memiliki virus ini seumur hidup," tulis WHO Indonesia di akun Twitternya, @WHOIndonesia, Senin (20/4/2020).

WHO Indonesia menegaskan virus corona bisa hilang dari tubuh pasien yang sudah sembuh, bukan bertahan di tubuh seumur hidup. Yang pasti, WHO mengingatkan agar masyarakat untuk segera meminta pertolongan medis jika mengalami gejala virus corona seperti batuk, demam, dan mengalami kesulitan bernapas.

149 Warga Wonosari dan Juwiring Klaten Jalani Rapid Test Covid-19, Positif Atau Negatif?

"Segera minta pertolongan medis - namun hubungi fasilitas kesehatan terlebih dahulu via telepon . Kebanyakan pasien berhasil sembuh berkat perawatan suportif," tegas WHO Indonesia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho