SOLOPOS.COM - Masjid Istiqlal. (JIBI/Antara/Wahyu Putro A.)

Solopos.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi, memastikan Masjid Istiqlal Jakarta tidak akan menggelar salat Iduladha 1441 Hijriah tingkat kenegaraan meskipun renovasi masjid hampir rampung.

Menag mengatakan situasi pandemi Covid-19 di Jakarta belum berakhir yang menjadi alasan Masjid Istiqlal tidak menggelar salat Idualadha tahun ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Mencermati perkembangan pandemi Covid-19 di Indonesia, khususnya DKI Jakarta, Istiqlal tidak akan menggelar salat Iduladha 10 Zulhijah 1441 H," kata Fachrul seperti dikutip dari situs Kemenag, Senin (27/7/2020).

Wow, Tiga Robot Ikut “Diwisuda” di Undip Semarang

Fachrul menjelaskan selama ini salat Iduladha di Istiqlal diikuti puluhan ribu peserta. Hal itu akan menyulitkan penerapan protokol kesehatan jika salat Iduladha tetap digelar di Istiqlal pada masa pandemi.

"Prosesnya juga tidak mudah karena akses keluar masuk juga harus dibatasi seiring penerapan protokol kesehatan. Sehingga potensi kerumunan sangat tinggi," ujarnya.

Dia mengatakan renovasi Masjid Istiqlal memang hampir selesai. Fachrul berharap situasi segera membaik sehingga bisa beribadah seperti biasa.

Macan Lawu Karanganyar Bongkar Praktik Pembuatan STNK Palsu, Tempat Produksi di Solo

Sebelumnya, Menag Fachrul Razi sempat menyampaikan Masjid Istiqlal akan kembali dibuka untuk umum. Salat Iduladha kenegaraan menjadi penanda dibukanya masjid tersebut.

"Insya Allah akan dilaksanakan salat Iduladha tingkat kenegaraan di Masjid Istiqlal dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19 sebagai awal dibukanya kembali Masjid Istiqlal untuk jemaah umum," kata Fachrul dalam rapat kerja di Komisi VIII DPR, Selasa (7/7).

Untuk diketahui, pemerintah telah menggelar Sidang Isbat untuk menentukan 1 Zulhijah 1441 H. Hasilnya, Iduladha atau 10 Zulhijah 1441 H ditetapkan jatuh pada 31 Juli 2020.

Cemburu, Pria Godong Grobogan Bacok Saudaranya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya