SOLOPOS.COM - Komponen mesin Toyota. (Istimewa/Detik)

Mesin mobil Toyota tipe R-NR belum mencapai TKDN 100 persen.

Solopos.com, JAKARTA — PT Toyota Manufacturing Indonesia (TMMIN) mulai memproduksi mesin tipe R-NR untuk mobil terbarunya. Tetapi meski diproduksi di dalam negeri, kandungan lokalnya belum genap 100 persen.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Presiden Direktur TMMIN, Masahiro Nonami mengatakan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) pada mesin mobil Toyota R-NR masih di kisaran 80 persen. Angka itu diperoleh dari kerja sama antara TMMIN dengan 135 perusahaan lokal.

“Kandungan lokal 80 persen untuk mesin ini kalau saya sebenarnya belum cukup, maunya 100 persen atau 200 persen. Tapi persiapan di sisi pemasok yang masih belum siap,” ungkap Nonami seperti dilansir laman Okezone, Sabtu (12/3/2016).

Sedangkan 20 persen sisanya masih harus didatangkan dari luar negeri. Komponen mesin mobil Toyota yang masih diimpor meliputi rantai penghubung dari mesin ke transmisi dan oil control valve (OCV).

Director Technical Project Planning TMMIN, Yui Hastoro menambahkan sisa 20 persen komponen mesin mobil Toyota R-NR belum bisa diproduksi secara mandiri lantaran tidak tersedianya bahan mentah (raw material).

Raw material masih tergantung impor. Sebagian didatangkan dari Thailand, Vietnam, dan Malaysia,” ujar Yui sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Okezone.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya