SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SLEMAN—Kecamatan Godean akan menggelar Merti Desa 2012 di Sidoluhur, Godean, Sleman, Sabtu (15/6).

Menurut salah satu panitia, Arif Bintoro Johan, dalam acara ini akan diarak Gunungan Belut yang menjadi ikon Kecamatan Godean selama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami akan membuat gunungan belut yang hingga kini menjadi ikon Godean. Gunungan Belut ini akan diarak keliling kecamatan agar daerah ini masih tetap menjadi sentra dari kuliner kripik belut,” kata Arif pada Harian Jogja, Jumat (14/6).

Ekspedisi Mudik 2024

Arif melanjutkan, acara merti desa ini rencananya akan diberangkatkan Gubernur Propinsi DIY Sultan Hamengkubuwono X dari lapangan Klajoran Sidokarto dan akan berjalan hingga lapangan Berjo Sidoluhur. Kirab ini akan menyusuri sepanjang Jalan Godean dengan mengarak gunungan dan diiringi prajurit mirip prajurit Kraton Jogja.

“Nantinya Wakil Bupati Sleman Yuni Satia Rahayu akan ikut kirab dengan menaiki kuda diiringi Camat Godean Priyo Handoyo. Di belakangnya nanti akan ada iring-iringan kepala desa hingga perangkat desa,” kata Arif.

Rangkaian acara merti desa ditutup dengan acara puncak Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk di halaman Balai Desa Sidoluhur Godean. Pagelaran Wayang Kulit semalam ini akan mengangkat lakon Semar Mbangun Khayangan dengan dhalang Ki Rusmadi. (ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya