SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JAKARTA—Pesawat Merpati Airlines tergelincir di Lombok, Senin (31/12/2012) siang tadi.

Pihak maskapai menyatakan tergelincirnya pesawat Merpati saat mendarat di Bandara Internasional Lombok (BIL) pada pukul 11.55 WITA Senin (31/12/2012) karena sistem hidrolik ban pesawat tidak berfungsi dengan baik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Corporate Secretary PT Merpati Nusantara Airlines, Herry Saptanto menyatakan insiden tergelincirnya pesawat  masih dalam proses investigasi agar mengetahui penyebab tergelincirnya pesawat.

Herry menjelaskan pihaknya telah melaporkan insiden tergelincirnya pesawat Merpati kepada pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

“Masih investigasi [penyebab tergeclincirnya pesawat Merpati] pas
landing [mendarat] hidrolik bermasalah. Tadi siang kita sudah laporkan sesuai prosedur ke KNKT dan Ditjen Perhubungan Udara,” ujarnya kepada JIBI/Bisnis, Senin (31/12).

Herry mengungkapkan dengan adanya investigasi itu juga dapat diputuskan apakah pesawat itu masih layak terbang sesuai prosedur yang ada.

Dia menjelaskan insiden tergelincirinya pesawat Merpati di Lombok-Nusa Tenggara Barat tidak menimbulkan korban jiwa.

Namun ketika ditanya jumlah penumpang pesawat dan penundaan penerbangan dari indisen itu, dia enggan berkomentar.

“[Jumlah penumpang dan asal keberangkatan pesawat Merpati] Saya belum dapat laporan dari pihak marketing. Nggak ada [korban] saat landing. Kita masih menunggu hasil investigasi resmi,” katanya.  

Menurutnya terjadinya penundaan penerbangan di Bandara Internasional Lombok sangat kecil mengingat puncak arus penumpang (peak season) telah terjadi pada beberapa hari sebelumnya.

Berdasarkan informasi sebelumnya, pesawat Merpati jenis MA 60 buatan China dengan nomor penerbangan MZ 6063 membawa 48 penumpang dari Bima menuju Lombok- Nusa Tenggara Barat tergelincir di Bandara Internasional Lombok setelah mendarat. Henrikus F Nuwa Wedo/JIBI/Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya