SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Perguruan Silat Indonesia (PSI) Merpati Putih Cabang Gunungkidul berlatih di pesisir pantai selatan Gunungkidul, Kamis (6/6/2013). Kegiatan tersebut untuk mengenalkan seni beladiri ini ke masyarakat luas.

Ketua PSI Merpati Putih Cabang Gunungkidul Supardi mengatakan,  Tidak banyak orang yang mau mempelajari pencak silat Merpati Putih, hanya segelintir orang sajalah yang ingin mempelajari silat dengan media tangan kosong tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Padahal, ilmu pencak silat Merpati Putih yang lahir abad ke-16 itu awalnya  dipelajari oleh Sampeyan Dalem Hario Hingkang Sinuwun Pangeran Prabu Hamang Kurat IV Hingkang Jumeneng Hing Kartosuro. Sampai menyebar ke seluruh pelosok Nusantara. “Namun di Gunungkidul belum terlalu tenar ilmu bela diri seperti ini,” katanya.

Oleh karenanya, untuk menarik minat masyarakat kini Merpati Putih Gunungkidul giat berlatih di pesisir pantai selatan Gunungkidul.

“Sekarang kita latihan di Pantai Sepanjang Tanjungsari, kebetulan banyak wisatawan yang melihat” ujarnya.

Supardi berharap agar masyarakat kabupaten Gunungkidul khususnya  dan masyarakat Indonesia pada umumnya untuk melestarikan budaya nenek moyang (Pencak Silat ) , terutama pencak silat Bela diri tangan kosong Merpati Putih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya