SOLOPOS.COM - Ilustrasi Merpati-Nusantara (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

Ilustrasi (JIBI/Bisnis Indonesia/Andi Rambe)

JAKARTA – Berbagai daerah yang berada di wilayah Provinsi Maluku telah dilayani oleh Maskapai penerbangan Merpati Airlines dengan menggunakan pesawat tipe NC 212.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Merpati akan meningkatkan mobilitas masyarakat Maluku yang akan melakukan kegiatan bisnis maupun kegiatan sosial politik dan budaya dari satu daerah ke daerah lainnya,” kata Vice President Corporate Secretary Merpati, Herry Saptanto dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu (8/5/2013).

Ia memaparkan, sejak tanggal 4 Mei 2013, Merpati melayani penerbangan dari Ambon menuju Kisar pergi pulang (PP) dengan frekuensi penerbangan satu kali per pekan. Jadwal keberangkatan pesawat, lanjutnya, adalah dari Ambon pukul 09.40 Waktu Indonesia Timur (WIT) dan tiba atau mendarat di Kisar pukul 11.40 WIT.

Selain melayani penerbangan Ambon-Kisar, ujar dia, Merpati juga melayani penerbangan dari Kisar menuju Saumlaki PP sebanyak satu kali per pekan, penerbangan Langgur-Larat (satu kali per pekan), dan penerbangan Ambon-Namlea (dua kali per pekan). “Penerbangan jurusan Kota Ambon menuju Bandaneira pergi pulang dilayani sebanyak tiga kali penerbangan selama satu minggu. Dari Ambon Merpati berangkat pukul 07.00 WIT dan Tiba di Bandaneira pukul 08.00 WIT,” paparnya.

Selain itu, Merpati juga melayani penerbangan dari Kota Ambon yang berangkat pukul 11.40 menuju Namrole PP dan tiba di Namrole diperkirakan pukul 12.25 WIT. Kedua rute penerbangan tersebut sebanyak satu kali per pekan. “Bila permintaannya tinggi, tidak tertutup kemungkinan, bila diizinkan pihak yang berwenang, kami akan tingkatkan frekuensi penerbangannya,” tutur Herry Saptanto.

Sebelumnya, Merpati Nusantara Airlines juga telah berupaya guna meningkatkan kenyamanan dan keselamatan penumpang dengan menggunakan “iFlight MRO-System” pada pengoperasian seluruh armadanya. “‘iFlight MRO System’ merupakan ‘software’ (perangkat lunak) informasi maskapai di bidang pemeliharaan dan ‘engineering’ yang berbasis pada ‘web base software’,” ujar Direktur Teknik PT Merpati Nusantara Airlines (Persero) Priharyono, usai mengenalkan iFlight MRO System di Surabaya akhir pekan lalu.

Program itu, kata dia, resmi diterapkan dengan dimulainya penggunanaan sistem komputer terintegrasi dalam melakukan perawatan pesawat (aircraft maintenance) oleh Direktorat Teknik Merpati Nusantara Airlines. Penggunaan program itu tidak hanya di level aircraft maintenance, akan tetapi juga terintegrasi dengan “System Aircraft Finance” dan “Warehouse Inventory”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya