SOLOPOS.COM - Ilustrasi penyelaman di Palung Mariana (npr.org)

Rekaman suara misterius dari Palung Mariana menjadi kisah misteri.

Solopos.com, SOLO – Peristiwa aneh dialami oleh peneliti perairan laut dalam di Palung Mariana. Hidrofon yang dikirim peneliti ke palung terdalam di dunia itu menangkan suara yang belum pernah didengar sebelumnya.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Palung Mariana yang terletak antara Jepang dan Indonesia itu diprediksi memiliki kedalaman hingga 10.911 di bawah permukaan laut. Dilansir Daily Mail, Selasa (20/12/2016), hidrofon yang dikirim hingga kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut menangkap suara aneh selama kurang lebih 3,5 detik. Suara tersebut sangat bising namun memiliki frekuensi yang rendah.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut peneliti bioakustik laut Universitas Oregon, Sharon Nieukirk, suara itu berbeda dari yang pernah diteliti sebelumnya. Meski belum mendapat jawaban pasti, tim peneliti sudah bisa muncul dengan satu teori. Diberitakan ScienceAlert, Senin (19/12/2016) ada dugaan suara aneh itu berasal dari paus balin.

Frekuensi rendahnya mengindikasikan suara paus balin,namun karakter suaranya membuatnya sangat unik. Sudah sangat lama kami tidak menemukan jenis suara paus balin yang baru,” jelas Sharon.

Suara tersebut juga tidak merepresentasikan jenis suara geologi apapun yang pernah ditemukan. “Suaranya berbeda dengan suara yang ditimbulkan dari gempa bumi, angin, atau air,” ungkap Sharon. Suara tersebut bisa disebut dengan suara yang belum pernah didengar manusia sebelumnya.

Suara yang kini dinamai Biotwang Pasifik Barat itu terekam sejak 2014 hingga 2015. Fenomena serupa juga pernah terjadi pada 2001 di perairan Great Barrier Reef di Queensland, Australia.

Penasaran seperti apa suara rekaman yang membingungkan peneliti itu? Dengarkan rekamannya di bawah ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya