Merinding! Disebut Desa Mati, Begini Kondisi Ratusan Rumah Kosong di Majalengka

Video ratusan rumah yang terbengkalai di daerah Majalengka dan disebut desa mati lantaran tak berpenghuni setelah ditinggalkan para pemiliknya viral di media sosial.

 Video desa mati di Majalengka. (Tiktok/@dinoandilahhh)

SOLOPOS.COM - Video desa mati di Majalengka. (Tiktok/@dinoandilahhh)

Solopos.com, MAJALENGKA — Video yang memperlihatkan desa tanpa penghuni menjadi perbincangan netizen di media sosial. Tayangan video itu menunjukkan rumah-rumah yang terbengkalai lantaran tidak terurus.

Ada juga yang rumah yang tampak hancur akibat tanah longsor. Permukiman yang disebut berada di daerah Majalengka, Jawa Barat itu kemudian disebut desa mati lantaran tak berpenghuni.

Kendati demikian, ada beberapa rumah yang masih terlihat bagus meski tidak berpenghuni. Video itu diunggah pengguna akun Tiktok @dinoabdilah, Senin (12/7/2021). Tayangan video itu juga menunjukkan ada baju yang tergantung di atas pohon dan ada kuburan yang menambah kesan seram pada desa itu.

Baca Juga: Ini Loh Video Viral Lampor Hantu Ketuk Pintu yang Disebut di Malang

“Kalau ramai [tanggapan netizen], kita lanjut penyebab desa ini ditinggalkan #fyp #majalengka,” tulis Dino pada keterangan videonya.

Video yang berjudul Desa Mati Ratusan Rumah Tidak Berpenghuni itu telah mendapatkan 4,3 juta tayangan, 633.500 lebih tanda suka, 33.700 lebih komentar, dan 1.968 kali dibagikan hingga Jumat (23/7/2021).

Video desa mati yang  berlokasi di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat itu lantas memancing rekasi para netizen. Banyak netizen yang penasaran dengan desa yang tak berpenghuni tersebut.

Baca Juga: Viral Tukang Servis HP Keliling Jalanan Demi Penuhi Kebutuhan Selama PPKM Darurat

“Lanjutkan ngab, kemarin-kemarin lihat di Youtube masuk trending belum lihat lagi lanjutannya,” tulis pengguna akun @fidz92.

“Kayak bekas longsor, ayo bang cerita penasaran nih,” tulis pengguna akun @urcahya.

Netizen juga menyayangkan kondisi rumah para penduduk masih bagus namun tidak berpenghuni. “Rumahnya bagus-bagus, sayang ga ada penghuninya,” komentar pengguna akun @lidyaanie. Baca Juga: Kreatif! Pria Ini Bikin Warung Kopi di Dalam Rumah Saat PPKM Darurat

Penyebab Jadi Desa Mati

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (23/7/2021), desa mati itu bernama Desa Cigintung di Kecamatan Malausma, Kabupaten Majalengka. Penyebab rumah-rumah di desa itu ditinggalkan pemiliknya karena sering terjadi bencana alam seperti gempa bumi dan pergeseran tanah pada 2013.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka kemudian merelokasi para warga Cigintung ke desa tetangga pada 2014 agar tidak membahayakan keselamatan penduduk.

@dinoabdilahhhKalo rame, kita lanjut penyebab desa ini ditinggalkan ? ##fyp ##majalengka? Use this if your friends dislike you – <33


Berita Terkait

Berita Terkini

Lebih 50 Persen Penyintas Mengalami Long Covid-19, Apa Penyebabnya?

Di Indonesia 70 persen dari para penyintas Covid-19 alami gejala long Covid-19.

Kombinasi Gagal Ginjal dan Stroke Seperti Oddie Agam, Picu Kefatalan?

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, musikus senior Oddie Agam bukan hanya menderita stroke, tetapi juga terkena komplikasi, termasuk sakit ginjal.

Serem! Pria Ini Diganggu Makhluk Halus Hingga Terjungkal dan Terseret

Seorang pria yang tengah melakukan pemanasan sebelum berolahraga dikagetkan dengan alat kebugaran yang bergerak sendiri.

Duh! Pemotor Nekat Lewat Proyek Perbaikan Jalan, Alasannya Tak Terduga

Meski dalam perbaikan, pengendara ini nekat melewati jalan gegara alasan yang tak diduga.

Panci Gosong Jangan Buru-Buru Dibuang, Begini Cara Membersihkannya

Karena banyak yang tidak tahu caranya, tak sedikit orang menghabiskan banyak waktu dan tenaga untuk membersihkan panci gosong.

Dorce Gamalama Alami Sakit Dada Sebelah Kanan, Kenali 7 Penyebabnya!

Sakit dada sebelah kanan seperti yang dialami Dorce Gamalama bisa berkaitan dengan sejumlah penyakit, salah satunya serangan jantung.

Luka Psikologis Aborsi Juga Dirasakan Pria, Ini Dampaknya

Namun, luka psikologis setelah aborsi  pada pihak pria wujudnya berbeda.

Viral Bocah Joget di Atas Genting Demi Konten, Endingnya Bikin Miris

Seorang bocah mengalami kejadian tak terduga saat berjoget di atas genting untuk membuat video konten.

Ikuti 8 Kebiasaan Makan Ini untuk Melawan Peradangan

Ada sejumlah kebiasaan makan yang dapat membantu Anda melawan peradangan.

Doa Agar Hubungan Rumah Tangga Langgeng dan Harmonis

Berikut ini terdapat doa agar hubungan berumah tangga tetap langgeng dan harmonis menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya.

Tiga Senjata Terbaik Lawan Penyakit Kardiovaskular, Mau Coba?

Nah, sebelum terlambat, sebaiknya mulai sekarang praktikkan tiga senjata ini dalam lawan penyakit kardiovaskular.

Viral! Pria Buang Ratusan Telur ke Sungai, Gegara Harga Anjlok?

Aksi seorang pria yang membuang ratusan telur ke sungai di tengah harga telur yang merosot menjadi perbincangan netizen dan viral di media sosial.

Bacaan Doa Supaya Dimudahkan Segala Urusan, Bisa Dibaca Setiap Hari

Untuk mendapatkan kemudahan dalam segala urusan selain dengan berusaha juga berdoa seperti bacaan berikut.

Doa Sebelum Bekerja Menurut Islam, Lengkap dengan Latin dan Artinya

Berikut ini terdapat doa sebelum bekerja menurut Islam yang dilengkapi dengan latin dan artinya supaya diberkahi Allah SWT.

Work from Coffee Shop Diminati, Benarkah Kopi Buat Otak Lebih Kreatif?

Ada sejumlah alasan work from coffee shop diminati, salah satunya adalah karena menjamurnya tempat-tempat ngopi estetik.

Benarkah Pengangkatan Rahim Pengaruhi Kehidupan Seksual Wanita?

Tak sedikit wanita merasa khawatir operasi pengangkatan rahim seperti dialami artis Melanie Subono bisa pengaruhi kehidupan seksual mereka.