SOLOPOS.COM - Ilustrasi upacara HUT Kemerdekaan RI. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sangat identik dengan berbagai aneka lomba tradisional. Namun kini, masyarakat harus waspada terhadap wabah Covid-19 sehingga dianjurkan untuk tidak berkerumun di tempat umum karena dianggap tidak aman, apa lagi menggelar lomba saat pandemi.

Masyarakat juga dihimbau untuk selalu berjaga jarak, menggunakan masker, dan rajin mencuci tangan. Dengan keterbatasan tersebut seharusnya tidak mengurangi kemeriahan perayaan kemerdekaan RI.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Okezone, berikut daftar perlombaan HUT Kemerdekaan RI yang aman dilakukan saat pandemi :

Menyanyi Online

Untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI, dapat mengadakan lomba yang aman saat pandemi Covid-19 seperti lomba menyanyi secara online. Lomba tersebut tak perlu menghadirkan kerumunan warga. Lomba itu dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi smartphone seperti Smule dan lainnya.

Nenek Khotimah Penjual Jajan Keliling Kena Tipu, Kasihan!

Joget Online

Saat diadakan perlombaan, ibu-ibu dan bapak-bapak kerap mengadakan lomba joget untuk memenangkan berbagai hadiah menarik. Supaya aman dan tidak tertular Covid-19, dapat menggunakan platform online seperti Tiktok sehingga dapat berjoget dengan aman dan nyaman tanpa merasa waswas.

Lomba Gim Online

Selain itu, perlombaan tradisional dapat diganti dengan lomba permainan digital yang tentu lebih aman dan menyenangkan saat pandemi Covid-19. Beberapa gim yang terkenal dan menarik, yang dapat dikompetisikan pada saat lomba HUT Kemerdekaan RI adalah PUBG Mobile, Mobile Legend, Free Fire, dan lainnya.

Kemarau, Petani Ikan di Waduk Mulur Sukoharjo Panen Lebih Awal

Lomba Swafoto

Jenis lomba berikutnya adaah lomba swafoto dengan tema kemerdekaan. Peserta lomba dapat menggunakan atribut yang bertema kemerdekaan Indonesia. Pemenang lomba dipilih dengan kriteria atribut atau busana yang paling heboh dan unik.

Lomba Video

Alternatif lomba lain yang aman di masa pandemi Covid-19 adalah membuat video dengan tema kemerdekaan. Selain dapat mengurangi penyebaran virus corona, lomba ini dapat meningkatkan kreatifitas pesertanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya