SOLOPOS.COM - Fashion Show Saat Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Suara Demokrasi)

Solopos.com, SOLO — Jumat (28/10/2022), menjadi hari yang sangat menyenangkan dan membahagiakan bagi seluruh warga SMP Batik Surakarta. Pasalnya, di hari itu berlangsung kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi yang bersamaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Ketua Panitia P5, Affandi Surya K mengatakan, kegiatan pemilihan ketua OSIS secara langsung dengan e-voting ini merupakan salah satu rangkaian dari proyek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema Suara Demokrasi yang dimulai di awal bulan ini. Tahap pengenalan diawali dengan menghadirkan Ketua KPU Kota Surakarta, dilanjutkan dengan pembentukan KPU, penjaringan calon ketua OSIS, kampanye, dan bila sudah terpilih akan diakhiri dengan pelantikan ketua OSIS beserta seluruh pengurusnya.

Promosi Pemilu 1955 Dianggap Paling Demokratis, Tentara dan Polisi Punya Partai Politik

Kemeriahan proyek P5 ini diwarnai dengan kegiatan fashion show baju adat yang digelar oleh OSIS, diikuti oleh seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX. Dengan penuh semangat, siswa-siswa yang terpilih dari masing-masing kelas ini berpasangan berjalan di depan panggung menampilkan busana adat yang dikenakannya.

Bahkan, saking antusiasnya, sejak pukul 06.00 WIB ada dari mereka yang sudah bersiap di sekolah, sementara kegiatan baru dimulai pukul 07.40 WIB. Selain busana adat Jawa, ada yang mengenakan adat Sulawesi, Makassar, Bali, Sunda, dan busana adat lainnya dari seluruh Indonesia. Kegiatan fashion show ini sebagai cara sekolah mengenalkan pakaian adat kepada siswa. Sehingga diharapkan mereka bangga dan lebih mencintai kebudayaan Indonesia.

Ekspedisi Mudik 2024
Fashion Show Baju Adat Nusantara

“Sebagai sekolah yang dinobatkan sebagai sekolah penggerak, kami akan terus berupaya berinovasi dalam mengawal siswanya untuk terus berproses dalam pembelajaran baik pada kegiatan intrakulikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler, termasuk kegiatan P5 dan peringatan Sumpah Pemuda melalui fashion show kali ini,” kata Ceket P. Suroso, Kepala SMP Batik Surakarta. “Di momen  hari sumpah pemuda dan pelaksanaan P5 ini, melalui lomba fashion show kami ingin melatih anak anak tampil berani dan percaya diri,” jelas dia di sela-sela acara.

Wakasek Kesiswaan SMP Batik Surakarta, Etik Ikhtiyatmi mengatakan, acara ini di samping bertujuan untuk memilih ketua OSIS, juga agar anak-anak dapat mengenal berbagai busana yang ada di Indonesia. “Sebenarnya kegiatan ini juga untuk memberikan pengalaman berbeda dalam memperingati Sumpah Pemuda,” katanya.

Dalam kegiatan ini yang menjadi pemenang dalam pemilihan ketua OSIS adalah Danendra (VIII E ) dan Asyifa (VII B) dengan 231 suara. Sementara untuk fashion show pemenangnya adalah pasangan dari kelas IX B (Firman dan Safira) dengan 46 suara.

Endah Pangestika, salah satu guru mengaku sangat senang dengan keceriaan dan keseruan anak-anak SMP Batik dalam kegiatan ini. Miss Endah, sapaannya, berharap agar kegiatan ini dapat terlaksana setiap tahun.

“Anak-anak ternyata sangat berbakat dan punya potensi yang luar biasa, semoga dengan terselenggaranya kegiatan ini, dapat memupuk rasa cinta budaya Tanah Air sejak dini,” ujarnya.

Sementara itu, Faristama salah satu murid dan sekaligus Ketua KPU SMP Batik Surakarta 2022/2023, menyampaikan keseruan kegiatan ini, “Bagi saya, acara kali ini benar benar seru dan menarik karena kegiatan kali ini sangat memupuk jiwa nasionalis, sebab di acara tersebut kita menggunakan baju adat dari berbagai daerah dan juga ada event e-pilketos. Di mana kita bisa memberikan gambaran untuk pemilihan umum yang bersih dan santun,” ungkapnya.

Konten ini merupakan user generated content atau UGC kiriman sekolah. Sekolah Anda bisa menjadi bagian dari UGC di Solopos.com dengan cara klik di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya