Google Doodle spesial HUT ke-74 Ri (Google)

Solopos.com, SOLO – Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia, Sabtu (17/8/2019), disambut meriah oleh Google. Seperti biasa, Google membuat doodle khusus untuk merayakan hari spesial bagi bangsa Indonesia tersebut.

Tampilan Google Search menunjukkan gambar perayaan HUT ke-74 Republik Indonesia di suatu kampung. Gambar itu menunjukkan sekelompok orang yang sibuk menghias kampung dengan berbagai ornamen khas, seperti bendera Merah Putih.

Tak ketinggalan, diperlihatkan pula sejumlah orang yang menghias gapura dengan warna senada pada tampilan Google doodle tersebut. Jika di-klik, gambar itu akan memunculkan berbagai informasi soal perayaan ulang tahun ke-74 Kemerdekaan Indonesia.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah dunia yang layak dikenang pada hari ke-229—hari ke-230 dalam tahun kabisat—sesuai sistem Kalender Gregorian, 17 Agustus.

Soekarno, didampingi Mohammad Hatta, memproklamasikan kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 setelah dijajah Jepang sejak 1942.

Sebelum Jepang berkuasa, sebagian wilayah Indonesia dikuasai Belanda selama hampir 350 tahun. Kini, 17 Agustus diabadikan sebagai hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia dan tanggal itu ditetapkan sebagai hari libur nasional Hari Kemerdekaan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten

%d blogger menyukai ini: