Meriah! Begini Serunya Kirab Sedekah Bumi di Siwalan Semarang

Kirab sedekah bumi digelar warga Siwalan, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang, sebagai wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 Keseruan para warga mengikuti kirab sedekah bumi di  wilayah Kelurahan Siwalan, Gayamsari, Kita Semarang, Sabtu (25/6/2022). (Solopos.com-Dickri Tifani Badi)

SOLOPOS.COM - Keseruan para warga mengikuti kirab sedekah bumi di wilayah Kelurahan Siwalan, Gayamsari, Kita Semarang, Sabtu (25/6/2022). (Solopos.com-Dickri Tifani Badi)

Solopos.com, SEMARANG -Ribuan warga Kelurahan Siwalan, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) mengikuti kirab sedekah bumi, Sabtu (25/6/2022) sore. Peserta kirab terlihat membawa gunungan hasil bumi, hiasan becak dan sepeda, hingga warga juga mengenakan pakaian adat Jawa.

Menariknya peserta kirab diikuti dari 4 RW yang ada di Kelurahan Siwalan. Setiap RW mengusung ciri khas berbeda-beda yang tampak dari penampilannya untuk untuk memeriahkan sedekah bumi di wilayah tersebut.

PromosiRekomendasi Merek Jeans Terbaik Pria & Wanita, Murah Banget!

Ketua panitia sekaligus Ketua LPMK, Nuryanto, menyampaikan kirab sedekah bumi di Siwalan mewujudkan rasa syukur atas hasil bumi yang selama ini dinikmati masyarakat.

“Kirab ini final dari acara sedekah bumi, di mana warga Siwalan memberikan sedekah kepada bumi yang selama ini kita nikmati bersama. Untuk memberikan sedekah kepada bumi yang doanya tentu kepada Gusti Allah,” ujar Nuryanto kepada Solopos.com, Sabtu sore.

Ia menjelaskan, setiap RW membawa ciri khas hasil buminya kemudian berkumpul di SMA Kesatrian 2 Semarang. Setelah itu, arak-arakan bersama menuju ke Kelurahan Siwalan untuk menyerahkan hasil bumi kepada Lurah Siwalan.

Baca juga: Bukan Carlos Fortes, Ini Pemain Termahal PSIS Semarang

Nuryanto mencatat, jumlah RW 001 yang ikut sebanyak 200 orang, RW 002 sebanyak 200 orang, RW 003 diikuti 200 orang, dan RW 004 yakni sebanyak 150 warga. Totalnya, masyarakat yang mengikuti sekitar 1.000 orang. Namun demikian, dari jumlah tersebut setiap RW menampilkan ciri khasnya masing-masing.

” RW 1 tampilkan klotekan, hasil bumi tumpengan, dan gambar gunungan wayang. Sedangkan RW 2, gunungan hasil bumi, buah-buahan dan sayur-sayuran. Dan RW 3, tumpengan yang bertumpuk empat. Sedangkan RW 4 menampilkan rebana,” ujarnya.

Saat ditanya perbedaan perayaan sedekah bumi pada tahun ini, Nuryanto mengaku hal itu terlihat dari turut sertanya para remaja dan anak-anak muda dalam kegiatan ini. “Tahun-tahun sebelumnya, prosesi apitan biasanya hanya bapak- ibu saja. Saat ini, mengoptimalkan remaja, karang taruna, dan masyarakat muda,” ujarnya.

Baca juga: Sangar! Sedekah Bumi, Warga Jepara Perang Obor, Saling Pukul dengan Api

Perayaan Sedekah Bumi di Siwalan Semarang ini ditutup dengan pertunjukan wayang kulit yang menampilkan dalang Ki Agus Setiawan dari Boja, Kendal. Pantauan Solopos.com, peserta kirab mulai berkumpul di SMA Kesatrian 2 Semarang sekitar pukul 17.30 WIB. Setelah itu, sekitar pukul 18.30 WIB, para peserta mulai berjalan menuju ke Kelurahan Siwalan.

Sesampainya di kelurahan, para peserta kirab melakukan atraksi seperti barongsai. Kemudian, setiap RW mengantre untuk menyerahkan gunungan sedekah bumi kepada lurah setempat.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Espos Plus

      Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      + PLUS Temuan Manik-Manik Bekal Kubur Kuno di Perengan Tawangsari Sukoharjo

      Di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo tepatnya di Situs Perengan, terdapat temuan peninggalan arkeologi berupa manik-manik yang diduga merupakan bekal kubur masyarakat masa kuno.

      Berita Terkini

      Wow! Pemuda Semarang Ternak Emprit, Harganya Capai Rp10 Juta Per Pasang

      Pemuda asal Kota Semarang membudidayakan burung emprit yang harganya mencapai Rp10 juta per pasang.

      Siswa SMK Semarang yang Terseret Ombak di Parangtritis Belum Ketemu

      Seorang siswa SMK Kartini Semarang yang terseret ombak di Pantai Parangtritis belum ditemukan sampai sekarang.

      Komunitas Sepeda dan Satlantas Grobogan Gelar Detik-Detik Proklamasi

      Komunitas sepeda tua, Satlantas Polres Grobogan dan warga menggelar upacara bendera Detik-Detik Proklamasi di sejumlah ruas jalan.

      Mobil di Grobogan Terbakar, Pemilik Mengalami Luka Bakar

      Satu unit mobil terbakar di Dusun Demangan, Desa Ngabenrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan, Rabu (17/8/2022). Satu orang menderita luka bakar.

      HUT Ke-77 RI, 184 Narapidana Lapas Purwodadi Terima Remisi Umum

      Kemenkum HAM memberikan remisi umum dalam rangka HUT-77 RI kepada 184 narapidana Lapas Kelas II B Purwodadi.

      Siswi SMA N 2 Kudus Jadi Pembawa Bendera Upacara HUT ke-77 RI di Istana

      Siswi SMA N 2 Kudus, Jawa Tengah, I Dewa Ayu Firsty menjadi pembawa bendera merah putih dalam upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (17/8/2022). 

      Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini, Cerah Berawah di Hari Kemerdekaan

      Berikut prakiraan cuaca di Semarang pada hari ini, Rabu (17/8/2022) atau bertepatan dengan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Unik! Malam Tirakatan di Purworejo, Warga Malah Diajak Bayar PBB

      Warga Parikesit, Kelurahan Pangenjuru Tengah, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo, memiliki cara unik melaksanakan malam tirakatan memperingati HUT ke-77 RI, Selasa (16/8/2022).

      Kronologi Pengeroyokan yang Sebabkan Pemuda di Kendal Meninggal

      Berikut kronologi pengeroyokan yang menyebabkan seorang pemuda di Desa Plantaran, Kaliwungu Selatan, Kabupaten Kendal, meninggal dunia.

      PHMI Ingin Ekspansi ke Jateng, Ini Misi yang Diusung

      Perkumpulan Hotel dan Media Indonesia atau PHMI berencana melakukan ekspansi atau melebarkan sayapnya di wilayah Jawa Tengah (Jateng).

      Pelajar SMK Semarang Terseret Ombak Parangtritis, Begini Kata Orang Tua

      Pelajar SMK di Semarang terseret ombak saat berwisata di Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

      Galau Kena Tilang, Pemuda di Semarang Letakkan Sabu-Sabu di Pos Polisi

      Aparat Polrestabes Semarang menangkap seorang pemuda yang berniat meletakkan narkoba jenis sabu-sabu di dekat Pos Polisi Bangkok, Jalan M.T. Haryono.

      Unik, Petugas Satpas SIM Polres Grobogan Pakai Baju Adat dan Pejuang

      Merayakan HUT ke-77 RI, petugas layanan SIM Satlantas Polres Grobogan kenakan baju adat dan pejuang, Selasa (16/8/2022).

      Wow! HUT ke-77 RI, Warga Kudus Bentangkan Bendera Merah Putih 1,44 Km

      Bendera Merah Putih sepanjang 1,44 km terbentang di jalan Desa Honggosoco, Kudus, untuk menyambut HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

      Terinspirasi Jokowi, Ganjar Akan Kenakan Baju Adat saat Upacara HUT RI

      Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengaku terkesima dengan baju adat yang dikenakan Presiden Jokowi saat mengikuti Sidang Tahunan MPR.