Mobil hias diarak peserta kontingen saat festival pawai malam takbir yang mengelilingi wilayah kota Sukoharjo, Selasa (4/6/2019). (Solopos-Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO - Sebanyak delapan kelompok mengikuti festival pawai malam takbiran Idul Fitri 1440 Hijriyah di halaman Masjid Agung Baiturrahman Sukoharjo, Selasa (4/6/2019) sekitar pukul 20.00 WIB. Tema yang diangkat dalam festival malam takbiran adalah mempererat Ukhuwah Islamiyah demi persatuan dan kesatuan bangsa.

Pantauan Solopos.com, Selasa malam, setiap kontingan membawa berbagai peralatan musik dan memakai kostum sambil meneriakkan takbir. Mereka mengiringi mobil hias yang menjadi maskot masing-masing kontingen.

Ketua Festival Takbir Keliling, Suryo Aji Pamungkas, mengatakan seluruh kelompok berasal dari remaja masjid di wilayah Kecamatan Sukoharjo Kota. Setiap kelompok terdiri dari 20 orang-30 orang. “Rute takbir keliling dari Masjid Agung menuju Simpang Lima berbelok ke Alun-alun dan kembali lagi ke Masjid Agung,” katanya saat ditemui Solopos.com, Selasa malam.

Lomba pawai malam takbiran mengambil tema memperat Ukhuwah Islamiyah demi persatuan dan kesatuan bangsa. Umat muslim diminta tak terprovokasi dengan berbagai isu dan kabar yang ingin memecah belah bangsa. Kendati berbeda-beda golongan, umat muslim harus memupuk rasa persaudaraan.

"Apalagi baru saja ada aksi percobaan bom bunuh diri di pos pantau Lebaran di Bundaran Tugu Kartasura. Saya berharap umat muslim bersatu," ujar dia.

Panitia memberikan keleluasan setiap kontingen untuk berkreativitas saat lomba pawai malam takbiran. Mereka diperbolehkan memakai berbagai macam kostum untuk memeriahkan lomba malam takbiran.

Juara I lomba takbir bakal menerima tropi dan uang pembinaan senilai Rp750.00. Sedangkan juara II dan III masing-masing menerima tropi dan uang pembinaan Rp600.000 dan Rp500.000.

Sementara itu seorang peserta lomba asal Kelurahan Begajah, Kecamatan Sukoharjo, Sofiatun, mengaku senang mengikuti malam takbiran untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Dia ikut lomba malam takbiran bersama teman-temannya yang tergabung dalam remaja masjid.

“Ya senang karena sebulan penuh berpuasa untuk menyambut datangnya Lebaran,” kata dia. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten