Meriah, 72 Peserta SBC 2022 Bawa Optimisme untuk Batik di Hati Warga Solo

Solo Batik Carnival atau SBC ke-13 berlangsung meriah di sepanjang koridor Jl Jenderal Sudirman dari Balai Kota hingga Bundaran Gladak Solo, Minggu (2/10/2022).

 Peserta Solo Batik Carnaval (SBC) 2022 berjalan di koridor Jl Jendral Sudirman, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

SOLOPOS.COM - Peserta Solo Batik Carnaval (SBC) 2022 berjalan di koridor Jl Jendral Sudirman, Minggu (2/10/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Event tahunan Solo Batik Carnival atau SBC 2022 berlangsung meriah di koridor Jl Jenderal Sudirman, Minggu (2/10/2022 pagi. Membawa semangat batik dalam bentuk metaverse atau kotamaya, para peserta SBC 2022 sukses menarik perhatian warga Solo di tengah agenda Car Free Day (CFD).

Peserta SBC ke-13 ini memulai pertunjukan dari halaman plaza depan Balai Kota Solo sekitar pukul 07.00 WIB kemudian berjalan melewatu Jl Jenderal Sudirman menuju Bundaran Gladak dan kembali lagi ke Balai Kota. Kemunculan para peserta SBC langsung disambut dengan riuh rendah dari para warga yang sudah menunggu.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kostum batik dipadukan dengan tema metaverse yang unik membuat warga penasaran. Tak sedikit warga yang mengabadikan aksi para peserta dengan kostum mereka, bahkan meminta foto bersama di tengah jalan.

Sebanyak 72 peserta SBC 2022 berjalan di koridor Jl Jendral Sudirman, Solo, sekaligus melayani para warga yang minta swafoto atau sekadar mendokumentasikan kegiatan. Para peserta SBC dibagi menjadi tiga grup, yakni Royal Kingdom, Defile Heritage Heredity, dan Empire Intergalactic.

Kombinasi busana batik yang modern dan kreatif sesuai tema yang diusung oleh grup menjadi daya tarik bagi penonton. Riana, salah satu pengunjung yang hadir mengaku secara antusias menyuruh anaknya berfoto dengan salah satu peserta SBC.

Baca Juga: Totalitas! 10 Event Digeber Rayakan Hari Batik Nasional di Solo Akhir Pekan Ini

Batik Disuguhkan dalam Bentuk Modern

Dengan ramah, peserta SBC tersebut melayani warga untuk berfoto bersama. “Sengaja dari tadi pagi menunggu di depan sini, saya pikir awalnya di Loji [Gandrung]. Kostumnya juga bagus-bagus dan menarik, anak saya juga jadi tertarik dari tadi tanya mengenai konsep dari batiknya itu apa. Sekalian saya suruh foto bareng aja,” ujar warga Jebres ini kepada Solopos.com, Minggu (2/10/2022).

Tema yang disuguhkan juga menjadi daya tarik bagi warga yang datang menonton SBC 2022 di Jl Jenderal Sudirman. Suhardi, warga Sukoharjo, mengaku sangat senang melihat bagaimana batik disuguhkan dalam bentuk yang modern.

Ia berharap adanya SBC ini bisa menjadi tonggak untuk melestarikan budaya batik sebagai identitas. “Bagus melihatnya ada upaya membawa identitas batik sebagai salah satu warisan budaya dan juga menjaga sebagai hal yang modern. Semoga batik tidak tergerus zaman dan terus berevolusi, karena saya dengar katanya ada pameran digital dari acara ini,” ucapnya.

Baca Juga: Agenda Solo Hari Ini: Event Batik di Mana-Mana, Ada Acara Makan Gratis juga

Optimisme terkait identitas batik yang terus terjaga juga disampaikan Nur Miladan, warga Nusukan yang datang menyaksikan acara tersebut. Adanya batik dipadukan dengan teknologi, menjadi contoh perubahan batik bukan hanya sebagai hal yang tradisional namun juga beradaptasi.

“Lihat pameran ini dan kesannya mewah, jadi bukan hanya batik dengan motif yang tradisional, tetapi ada kesan dalam acara ini bahwa batik akan terus mengikuti perubahan dan menjadi adaptif dengan mode terkini,” ulas mahasiswa yang tengah menempuh gelar Magister di UNS Solo ini.

Berdasarkan informasi di akun Instagram @solobatikcarnival_official diungkapkan SBC 2022 ini bertema Metaverse The Precious Legacy. Istilah metaverse berarti melampaui dunia yang mengacu pada kreativitas dalam seni khususnya dalam dunia adibusana atau kostum karnaval yang semakin melampaui sekat dan aneka batasan yang baku dan kaku.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solopos Hari Ini: Belum Sepakat Nilai UMK

      Sejumlah wilayah di Soloraya hingga Kamis (1/12/2022) belum berhasil mencapai kata sepakat dalam penetapan upah minimum kabupaten/kota (UMK/UMP).

      Tasnim Desak Densus 88 Beri Keterangan Terkait Terduga Teroris di Parangjoro

      Tim Advokasi Nahi Munkar (Tasnim) mendesak kepada Densus 88 untuk segera menyerahkan surat penangkapan dan penyitaan barang kepada keluarga

      Penghentian Siaran TV Analog Belum di Boyolali, Warga Bisa Nonton tanpa STB

      Siaran analog masih bisa ditonton terbukti dengan warga Desa Candigatak, Cepogo, Boyolali, Siti Khotijah, yang masih bisa mengaksesnya tanpa mengaktifkan set top box (STB) yang ia punya.

      Hari Ini, Siaran TV Analog Berhenti di Solo, ANTV Bagikan Tips bagi Pemirsa

      Stasiun TV ANTV memberikan tips menonton tayangan digital setelah pemerintah menghentikan siaran televisi analog di wilayah Solo dan sekitarnya pada Jumat (2/12/2022).

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 2 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Jumat (2/12/2022), bisa disimak di sini.

      Proyek Kantor Pemkab Sragen Terpadu Senilai Rp98 Miliar Mulai Dilelang

      Selama November-Desember 2022 sudah ada kegiatan di 2023 yang dilelang, terutama untuk kegiatan konsultan pengawas proyek yang nilainya ratusan juta rupiah.

      Pastikan Kondusivitas Kamtibmas, Polsek Kartasura Sukoharjo Sambangi Cakades

      Sebanyak tiga calon kepala desa menjadi sasaran dialog kamtibmas tersebut antara lain tiga cakades Ngemplak, dua cakades Gumpang, dan lima cakades Pabelan.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Ini Kuda Langganan Presiden Jokowi

      Pernikahan Kaesang-Erina dimulai dengan kirab 12 kereta kuda yang ditarik 28 ekor kuda dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran, Minggu (11/12/2022).

      Desa Masuk Area Konsesi PT Alexis, Ini Tanggapan 2 Cakades Keloran Wonogiri

      Dua Cakades Kaloran Wonogiri menyambut positif PT Alexis yang akan menambang di wilayah Kaloran.

      Kronologi Warga Desa Pilangsari Sragen Tertabrak Kereta, Sempat Diteriaki Warga

      Sempat diteriaki ada kereta, korban yang juga penyandang disabilitas rungu tidak menderngar saat KA Argo Wilis melintas.

      5.000 Sukarelawan Jokowi Menginap di AHD Boyolali Sebelum ke Pernikahan Kaesang

      Pengelola AHD Boyolali memastikan bisa menampung 5.000 sukarelawan Jokowi yang akan menghadiri pernikahan Kaesang-Erina.

      Melihat Kamboja Berguguran: Apa yang Kematian Berikan untuk Kehidupan

      Suwarsono menatap denah TPU lama sementara si tunggon itu berdiri mematung. Siklus kematian dan kehidupan itu pun berputar. Saat kematian tiba, seorang tunggon menanti datangnya uang untuk meneruskan hidupnya.

      Boyolali Hujan Ringan sejak Pagi Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini diprediksi hujan ringan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Sukoharjo Berawan Sepanjang Hari, Cek Ini Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan sejak pagi, Jumat (2/12/2022).

      Penghentian Siaran TV Analog Ternyata Tak Terjadi di Wonogiri

      Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Wonogiri, Heru Nur Iswantoro, mengklaim kebijakan analog switch off (ASO) atau penghentian siaran televisi (TV) analog tak akan terjadi di Wonogiri.