SOLOPOS.COM - Mercedes (Reuters-Soe Zeya Tun)

Solopos.com, SUZUKA — Valtteri Bottas menjuarai GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Minggu (13/10/2019). Kemenangan itu menjadi yang ketiga bagi Bottas sekaligus membawa Mercedes menjadi juara dunia konstruktor musim ini.

Itu berarti Mercedes meraih gelar juara konstruktor enam kali beruntun, memperpanjang dominasi mereka sejak era mesin V6 hybrid turbo diperkenalkan pada 2014. Rekor itu menyamai dominasi Ferrari sepanjang musim 1999-2004.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kemenangan Bottas dan torehan posisi ketiga Lewis Hamilton di Suzuka membawa Mercedes mengemas 612 poin. Secara matematis, angka tersebut tak bisa dikejar Ferrari yang berada di peringkat kedua dengan 435 poin meski musim masih menyisakan empat balapan.

Mercedes juga memastikan gelar juara dunia 2019 hanya tinggal diperebutkan kedua pembalapnya setelah Charles Leclerc (Ferrari) gagal naik podium utama di Jepang. Hamilton mengemas 338 poin di puncak klasemen, unggul 64 poin dari Bottas yang menguntit di peringkat dua.

Sementara Leclerc di peringkat tiga dengan 223 poin. Dengan empat balapan tersisa dan 104 poin yang tersedia, pembalap asal Monako itu tak mungkin mengejar perolehan poin Hamilton.

“Selamat untuk tim. Sangat pantas untuk menang dalam enam tahun beruntun. Saya hanya ingin meraih poin terbaik untuk tim hari ini,” ujar Hamilton yang mengaku tak terlalu ngotot mengejar posisi pertama di Suzuka, dilansir Autosport, Minggu.

Klasemen Konstruktor Formula 1 2019:
1. Mercedes 612
2. Ferrari 433
3. Red Bull 323
4. McLaren 111
5. Renault 77

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya