SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jogja–Sore ini di kawasan Sleman dan Yogyakarta sempat terjadi hujan abu. Namun masyarakat tidak perlu khawatir karena intensitas Gunung Merapi tetap terpantau relatif stabil.

Berdasarkan data seismograf Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) dari pukul 12.00-18.00 WIB, Sabtu (13/11), sama sekali tidak terjadi awan panas dari puncak merapi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan guguran tercatat sebanyak 22 kali dan gempa vulkanik 22 kali. Gempa tektonik terjadi tiga kali dan tremor beruntun terus terjadi.

“Tergolong aman. Kalau tadi sempat ada hujan abu di kawasan Yogya, itu karena anginnya tengah mengarah ke selatan dan barat,” ujar kepala BPPTK Jogja Subandrio di Media Center, Jl Kenari, Yogyakarta, Sabtu petang.

Di wilayah yogya sendiri pada sore tadi sempat terjadi hujan abu tipis. Semakin ke utara, memasuki, wilayah Sleman maka abu akan semakin tebal.

Sebelumnya hujan abu selama beberapa hari terakhir selalu mengarah ke barat. Hal ini membuat kawasan Tempel, Sleman dan Muntilan, Magelang menjadi wilayah yang reguler terkena hujan abu selama sepekan terakhir.

“Hujan abu itu sepenuhnya bergantung dengan arah angin,” terang Subandrio.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya