SOLOPOS.COM - Jalur Merapi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, SLEMAN–Jalur evakuasi bagi warga yang akan menyelamatkan diri dari bahaya letusan Merapi masih dalam keadaan rusak berat.

Salah satu penyebabnya memang truk pengangkut pasir yang melebihi tonnase dan melintas di jalan-jalan kabupaten di wilayah Kecamatan Cangkringan, Sleman.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Desa Kepuharjo, Heri Suprapto mengatakan di wilayahnya saja masih ada sekitar satu kilo meter jalan evakuasi utama yang rusak. Jalan evakuasi utama ini ditujukan bagi warga yang akan turun menggunakan mobil atau truk.

“Jalan Pagerjurang biasanya kami pakai untuk evakuasi roda empat ke atas. Kondisinya kini memang rusak berat. Pernah ada perbaikan, namun belum selesai pengerjaan sudah dilintasi truk pengangkut pasir lagi. Jelas langsung rusak sebelum jadi,” kata Heri pada Harianjogja.com, di kantornya, Selasa (19/11/2013).

Heri menambahkan selain jalur utama ini masih ada sekitar satu kilo meter jalur evakuasi yang merupakan jalan-jalan desa dan kabupaten dengan lebar kurang dari empat meter. Kondisinya ada yang rusak ringan hingga berat.

“Jalur ini biasanya digunakan evakuasi warga yang menggunakan motor atau roda dua. Hingga kini kondisinya masih perlu perawatan berkala agar saat terjadi bencana tidak membuat celaka,” jelas Heri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya