SOLOPOS.COM - Gunung Merapi erupsi, Selasa (3/3/2020) pagi. Foto diambil dari Dukuh Pentongan, Samiran, Selo, Boyolali. (Istimewa/Jalin Merapi)

Solopos.com, BOYOLALI -- Erupsi Gunung Merapi pada Selasa (3/3/2020), pukul 05.22 WIB, mengakibatkan turunnya hujan abu di beberapa wilayah, terutama di Boyolali, Jawa Tengah, sisi tenggara.

Sukarelawan Jaringan Informasi Lingkar Merapi (Jalin Merapi), Mujianto, mengatakan erupsi Merapi tercatat di seismogram dengan amplitudo 75 mm dan durasi 450 detik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tinggi kolom erupsi sekitar 6.000 meter dari puncak. Arah angin saat erupsi ke utara. Namun begitu dia menyampaikan saat ini kondisi di lereng gunung tersebut masih baik-baik saja.

"Kondisi saat ini baik-baik saja. Hanya ada sedikit hujan abu di Boyolali bagian tenggara. Erupsi terjadi pukul 05.20 WIB, kemudian pukul 06.30 WIB terjadi hujan abu. Warga masih biasa saja, tidak ada kepanikan," kata dia saat dihubungi Solopos.com, Selasa.

Ekspedisi Mudik 2024

Menkes Terawan: 2 WNI Positif Virus Corona Tak Dapat Pengawalan Khusus

Dia mengatakan warga di lereng Gunung Merapi sudah terlatih dan memahami karakter Gunung Merapi. Menurutnya erupsi yang terjadi pada Selasa pagi itu statusnya cukup besar dibandingkan erupsi sebelumnya.

Hujan abu di Musuk Boyolali (Twitter @kurniawanuzy18)
Hujan abu di Musuk Boyolali (Twitter @kurniawanuzy18)

Hari Ini Dalam Sejarah: 3 Maret 1939, Mahatma Gandhi Usir Inggris dengan Berpuasa

"Kalau melihat beberapa erupsi terakhir pasca 2018 yang menaikkan status ke waspada itu, ini juga lumayan ada kenaikan. Tapi status saat ini masih waspada, sejak 21 mei 2018," kata dia.

Berdasarkan informasi yang dia dapatkan, desa-desa yang terdampak hujan abu di antaranya desa Gobumi dan Cluntang, Kecamatan Musuk; Tamansari dan untuk wilayah Kecamatan Cepogo ada di Pedut, Wonodoyo.

Ternyata Ini Foto Asli Soeharto Naik Nmax

Sementara itu Slamet Martono, Kasi Pelayanan Masyarakat dan SDM PMI Boyolali, membenarkan adanya hujan abu yang terjadi di beberapa wilayah di sekitar Gunung Merapi pada Selasa pagi.

PMI juga telah membagikan sejumlah masker ke para sukarelawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat Palang Merah Indonesia (Sibat PMI) di Sonodoyo, Cluntang, dan Lencoh.

Kabar Terbaru Seputar Virus Corona

"Hujan abu tipis tapi campur pasir. Masker kami tempatkan di posko sukarelawan Sibat," kata dia.

Meski kondisi masyarakat saat ini masih beraktivitas seperti biasa, para sukarelawan tetap melakukan pemantauan untuk langkah kesiapsiagaan.

Berita Terbaru Hujan Abu Gunung Merapi

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya