SOLOPOS.COM - Hanung-Zaskia (Instagram/@hanungbarmantyo)

Solopos.com, KOTA  JOGJA -- Selain dikenal sebagai Kota Pelajar dan Kota Gudeg, rupaya Kota Jogja juga memiliki daya tarik untuk dijadikan tempat tinggal. Keramahan masyarakatnya dalam balutan budaya Jawa yang kental menjadi daya tarik tersendiri Kota Jogja ditinggali.

Setelah penyanyi Rio Febrian memutuskan untuk pindah ke Jogja, pasangan selebriti Hanung Barmantyo dan Zaskia Adya Mecca pun juga memilih untuk pindah ke kota yang dulunya pernah menjadi ibu kota negara itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Mereka pindah ke Jogja sejak Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pandemi Covid-19 pertama dilakukan di Jakarta. Pasangan ini sudah memiliki rumah di Jogja dan bahkan persalinan anak mereka yang ke lima dilakukan di Jogja.

Baca Juga: Paula Verhoeven Ternyata Asli Semarang dan Fasih Bahasa Jawa Lho

Dilansir Antara, Hanung adalah seorang sineas Indonesia yang telah menghasilkan beberapa film top Indonesia. Sebut saja film berjudul Bumi Manusia, Habibi & Ainun, Rudy Habibie,  Kartini, Ayat-Ayat Cinta dan masih banyak lagi ini.

Ia mengaku sudah sejak pertengahan 2019 memiliki niat pindah ke Jogja. Hanung ingin menarik diri dari keramaian dan kepadatan Jakarta. Untungnya, saat ia mengutarakan niatnya untuk pindah, Zaskia meresponsnya dengan baik. Menurut Hanung, Jakarta sudah terlalu padat dan masih ditambah dengan masalah kemacetan dan polusi.

Meskipun demikian, Hanung tidak memungkiri bukan hal mudah saat itu untuk memboyong keluarganya ke Jogja. Masalah utamanya lebih kepada pendidikan anak-anaknya. Hanung ingin anaknya mengenyam pendidikan di sekolah dengan fasilitas International Baccalaureate (IB) yang benar-benar focus pada pengembangan potensi diri. Bukan memprioritaskan pada pelajaran-pelajaran inti.

Baca Juga: Mantan Gitaris Noah Ini Kelola Rumah Makan Gratis, Seperti Apa?

Namun dirinya mengaku sudah menemukan sekolah dengan fasilitas yang dia cari dan baru ada satu saja di sana.

Zaskia Menikmati

Mengutip Liputan6.com, Zaskia Adya Mecca antusias saat suaminya mengajak untuk pindah ke Jogja. Menariknya,  ibu 5 anak ini justru ingin menetap di Jogja. Seperti Hanung, Zaskia juga memikirkan kebutuhan pendidikan anak-anaknya sebelum memutuskan untuk pindah. Namun karena kegiatan belajar mengajar (KBM) masih dilakukan daring, maka bukan hal yang sulit untuk memboyong kelima anaknya pindah ke Jogja.

Selama  tinggal di Jogja,  Zaskia dan keluarga mengaku sangat menikmati. Dia membandingkan saat masih di Jakarta, bangun pagi-pagi, tahu-tahu sudah malam lagi karena saking padatnya kegiatan. Dia juga mengatakan kalau di Jakarta banyak sekali tekanan. Sementara di Jogja, mereka lebih bisa menghabiskan waktu bersama.

Baca Juga: Oma Hetty Holscher Tanggapi Isu Perang Dingin dengan Nathalie dan Sule

Dengan segala kelebihan Kota Jogja, bukarn berarti Hanung dan Zaskia tak menemukan kendala. Mereka mengaku cukup kesulitan untuk mendapatkan barang-barang yang mereka butuhkan. Saat di Jakarta, mereka bisa mencarinya kapan saja. Sedangkan di Jogja tidak demikian, mereka harus mencari jauh hari.

Kendala lain dari kepindahan mereka ke Jogja adalah kini lebih jauh dari keluarga dan teman-teman dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya