Menyongsong Kebangkitan Pariwisata Kota Solo

Seiring adanya penurunan kasus positif Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mulai menggeliat. Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) menandai awal kebangkitan pariwisata di Kota Bengawan hampir dua tahun dihantam pandemi.

 Infografis Wisatawan Solo (Solopos/Whisnupaksa)

SOLOPOS.COM - Infografis Wisatawan Solo (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SOLO – Jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mulai menggeliat seiring menurunnya kasus Covid-19 di Kota Bengawan.

PromosiRp8,1 Triliun per Bulan dari "Servis Telinga", Spotify Juaranya

Terhitung sejak Januari-November 2021, Kota Solo dikunjungi hampir 1,5 juta atau tepatnya 1.401.547 wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Jumlah itu meningkat drastis bila dibandingkan kunjungan wisatawan ke Kota Solo pada 2020. Jumlah kunjungan wisatawan hingga akhir 2021 itu berpotensi meningkat seiring datangnya momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Infografis Wisatawan Solo (Solopos/Whisnupaksa)

Infografis Wisatawan Solo (Solopos/Whisnupaksa)

Berdasar data dari Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo sepanjang 2020 hanya mencapai 354.106 yang terdiri atas 352.700 wisatawan domestik dan 1.406 wisatawan mancanegara.

Hantaman pandemi memaksa pemerintah mengeluarkan sejumlah kebijakan untuk membatasi kegiatan masyarakat sepanjang 2020. Sejumlah objek wisata terpaksa ditutup demi menghindari potensi penularan Covid-19.

Baca Juga: Perhatian! Tahun Baru, Wisatawan Dilarang ke Kudus

Berdasar data dari BPS, terdapat dua objek wisata di Kota Solo yang tidak membuka kunjungan wisatawan sepanjang 2020. Keduanya adalah Keraton Kasunanan Surakarta dan Museum Lokananta.

Taman Balekambang menjadi tempat paling banyak dikunjungi  wisatawan domestik sepanjang 2020 dengan 210.014 orang. Disusul Wayang Orang Sriwedari dengan 12.103 wisatawan domestik dan Pura Mangkunegaran dengan 9.310 wisatawan domestik.

Pura Mangkunegaran menjadi tempat paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara pada 2020. Sepanjang 2020, Pura Mangkunegaran dikunjungi 902 wisatawan.

Baca Juga: Kondisi Membaik, Jumlah Wisatawan ke TSTJ dan Mangkunegaran Solo Naik

Seiring dengan menurunnya kasus positif Covid-19, pada 2022 diharapkan jumlah kunjung wisata Kota Solo meningkat 5%. Kendati begitu, penerapan protokol kesehatan menjadi perhatian untuk mencegah munculnya klaster penularan Covid-19 dari wisatawan.

Kabid Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata Solo, Tri Rusnita, mengatakan kunjungan wisawatan pada 2021 itu terbagi menjadi kunjungan domestik wisatawan 1.399.388 orang dan wisatawan asing sebanyak 2.159 orang.

“Untuk tahun selanjutnya target kami naik 5% dari realisasi tahun ini,” katanya, Selasa (28/12/2021). Ia berharap dengan sudah gencarnya vaksinasi Covid-19 serta menurunnya kasus Covid-19 di Solo akan membuat masyarakat atau wisatawan lebih percaya untuk datang ke Kota Solo.

Baca Juga: Ada 15 Unit Mobil Listrik di Solo, PLN Buka Stasiun Pengisi Daya

Sekadar catatan, pada 2019, tepatnya sebelum pandemi mewabah di Tanah Air tercatat ada 5.353.834 wisatawan yang berkunjung ke Solo. Jumlah itu terdiri dari 32.317 wisatawan asing dan 5.321.517 wisatawan domestik.

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

+ PLUS Data dan Fakta Risiko Bencana Jakarta dan Kaltim

Pulau Jawa memiliki paparan risiko bencana tinggi dibanding pulau lain, namun indeks risiko bencana lebuh tinggi dimiliki Kalimantan Timur dibanding DKI Jakarta.

Berita Terkini

Atasi Masalah Sampah dengan Papi Sarimah

Program Paksa Pilah Sampah dari Rumah atau Papi Sarimah yang digagas Pemerintah Kecamatan Banjarsari Solo diharapkan jadi solusi masalah sampah di Kota Bengawan.

Hadapi Era Digital, Bekali Diri dengan 5 Skill Ini

Masih ada kesenjangan SDM yang tinggi dalam dunia digital. Untuk itu diperlukan skill atau keterampilan diri agar dapat bersaing dalam dunia kerja di era digital saat ini.

Daftar Bandara di Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah (Jateng) memiliki enam bandara yang tersebar di berbagai daerah untuk menunjang konektivitas atau sarana transportasi warga.

Daftar Pemenang FIFA Award 2021

Robert Lewandowski menyabet penghargaan pemain pria terbaik dalam ajang FIFA Award 2021.

Tarik Ulur Ekspor Batu Bara

Pemerintah melarang ekspor batu bara mulai 1 Januari, namun pada 12 Januari pemerintah membuka kembali ekspor batu bara secara bertahap

Bawaslu Klaten Kembangkan Desa Antipolitik Uang dan Desa Pengawasan

Bawaslu Klaten mengembangkan empat desa antipolitik uang dan empat desa pengawasan partisipatif pada 2021.

Menyongsong Kebangkitan Pariwisata Kota Solo

Seiring adanya penurunan kasus positif Covid-19, jumlah kunjungan wisatawan di Kota Solo mulai menggeliat. Momentum Natal dan Tahun Baru (Nataru) menandai awal kebangkitan pariwisata di Kota Bengawan setelah hampir dua tahun dihantam pandemi.

Kekerasan Terhadap Perempuan dalam Angka

Kasus kekerasan terhadap perempuan masih saja terjadi.

Jumlah Warga Miskin di Soloraya dari 1996 hingga 2021, Naik atau Turun?

Selama lebih dari satu dekade, jumlah warga miskin di Soloraya mengalami pasang surut.

Pembangunan Masjid Agung Karanganyar, Proyek Ambisius Sang Bupati

Pembangunan Masjid Agung Karanganyar yang menelan anggaran Rp89 miliar menjadi proyek ambisius Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

Hukuman Bui untuk Pejuang Demokrasi Myanmar Aung San Suu Kyi

Pejuang demokrasi yang juga pemimpin de facto Myanmar, Aung San Suu Kyi, 76, dijatuhi hukuman empat tahun penjara oleh penguasa junta Militer.

E-LIC Presisi, Inovasi Polres Grobogan

Polres Grobogan melauching E-LIC Presisi [lectronic Legal Information Center Presisi] bersamaan program Bebasan untuk membantu pelaku usaha.

Perbandingan UMK Tahun 2021/2022 di 35 Kabupaten/Kota Jawa Tengah

Rata-rata UMK tahun 2022 di 35 kabupaten/kota di Jateng mengalami kenaikan antara Rp1.403, 11 hingga Rp27.066,05 apabila dibandingkan dengan tahun 2021.

Fakta-Fakta Unik Liga Inggris, Balotelli Cuma Cetak 1 Assist

Ada sejumlah fakta unik yang terjadi di kompetisi Liga Premier Inggris. Mulai dari pemain yang sering diganti hingga pemain yang cuma mencatatkan satu assist di sepanjang kariernya di Premier League.

Gacor! Cristiano Ronaldo Tembus 800 Gol

Cristiano Ronaldo telah membukukan 800 gol dalam kariernya sebagai pesepak bola profesional.

Tips Menghemat Listrik Kala WFH

Sebaiknya terapkan tips menghemat listrik kala WFH agar tagihan tidak membengkak.