Menyalakan Motor setelah Terendam Banjir, Ini yang Terjadi pada Mesin

Setelah terendam banjir apakah menyalakan motor bisa dilakukan seperti biasa atau harus melakukan pengecekan terlebih dahulu?

 Ilustrasi motor terendam banjir. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi motor terendam banjir. (Istimewa)

Solopos.com, SEMARANG — Kota Semarang dan sejumlah daerah di pantai utara di Jawa Tengah terkena banjir rob pada Senin (23/5/2022). Tidak sedikit sepeda motor yang ikut terendam banjir rob. Setelah terendam banjir apakah menyalakan motor bisa dilakukan seperti biasa atau harus melakukan pengecekan terlebih dahulu?

Banjir yang merendam motor menyebabkan air menekan dan mengisi semua celah ruang yang ada di dalam sepeda motor bahkan rongga-rongganya hingga meresap ke semua media yang memiliki pori-pori.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Perlu diingat, motor yang digunakan sehari-hari tidak didesain untuk tahan terendam banjir. Selain kandungan air, banjir juga membawa kotoran berupa partikel kotoran yang halus hingga kasar serta zat lain dari permukaan lingkungan yang dilaluinya. Lantas apakah aman menyalakan motor setelah terendam banjir?

Senior Instruktur Safety Riding Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, mengatakan cara perawatan motor yang terendam air tergantung dari seberapa tinggi air merendam motor. Hal tersebut yang menjadi patokan apa saja dari motor yang perlu diperiksa dan komponen yang terendam itu seluruhnya harus dikeringkan, dibersihkan, diperiksa, diperbaiki dan diganti jika perlu.

Jika motor terendam banjir, setelah itu bikers harus tetap tenang dan tidak buru-buru menyalakan atau memutar kunci kontak ke arah on. Ini kemungkinan besar dapat menyebabkan rusak ECM/ECU (Eletronic Control Module/Eletronic Control Unit).

Baca Juga: Peduli Warga Terdampak Banjir Rob, AHASS Jateng Gelar Servis Gratis

Setelah motor terendam banjir, jangan pula buru-buru menyalakan mesin dengan mengengkol stater kaki. Perlu diketahui bahwa air keran, air hujan, dan air laut memiliki sifat konduktor yaitu penghantar listrik.

Komponen elemen di dalam kelistrikan akan mengalami korsleting karena hubungan arus listrik yang tidak terkendali. Selain itu air memiliki sifat melarutkan sehingga cairan pendingin, cairan pelumas mesin, dan transmisi yang terpisah akan berpotensi berubah dan kotor.

Efek lain yang ditimbulkan permukaan yang terkena air kotor teroksidasi udara akan muncul korosi. Motor yang terendam air laut akan sangat parah dampak karatnya. Karat inilah yang merusak karena menurunkan kualitas mutu material atau logam.

Jadi saat motor setelah terendam banjir air hujan atau rob jangan buru-buru menyalakan motor, sebaiknya segera konsultasikan ke bengkel resmi untuk mendapatkan penanganan yang lebih detail memahami dampak kerusakannya.

Oke mengajak masyarakat datang ke AHASS karena AHASS memiliki standar penanganan dan peralatan yang lengkap dengan didukung mekanik yang tersertifikasi sehingga sangat berkompeten dalam melakukan pengecekan secara menyeluruh.

perawatan motor setelah terendam banjir
Ilustrasi perawatan motor setelah terendam banjir. (Istimewa)

Baca Juga: Honda Jateng & Kodam Diponegoro Latih 1.000 Tentara soal Safety Riding

“Penanganan yang sekadarnya atau seadanya akan berpotensi mencapai kerusakan yang lebih besar setelah motor digunakan. Partikel air kotor dan larutan yang dikandung didalamnya terjebak dalam komponen kelistrikan yang paling dikuatirkan, jalan terbaik #Cari_Aman adalah serahkan ke bengkel resmi yang merupakan ahlinya,” papar Oke.

Itulah tips aman merawat motor setelah terendam banjir, jadi jangan buru-buru menyalakan kendaraan sebelum dicek secara menyeluruh.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

+ PLUS Mengayuh Sejarah Becak yang Lahir di Jepang sejak Restorasi Meiji

Di banyak negara berkembang di Asia dan Afrika, bahkan negara maju seperti di Jepang, becak masih menjadi sarana transportasi. Di Indonesia, becak juga masih banyak ditemukan di kota-kota besar.

Berita Terkini

Siap-siap, Juli 2022 Toyota Akan Naikkan Harga Mobil

Direktur PT TAM menyebutkan salah satu dampak inflasi saat ini adalah kenaikan harga mobil di Indonesia.

Kenali Ciri-Ciri Kipas Radiator Mobil Lemah, Agar Mesin Tak Overheat

Salah satu komponen yang menjaga suhu mesin tetap stabil dan tidak terlalu panas, adalah kipas radiator.

Jenis Mobil Yang Boleh Memakai Solar Bersubsidi, Ini Kriterianya

Pemerintah mulai membatasi pembelian Solar bersubsidi. Untuk itu pemilik mobil harus tahu mobil yang boleh beli Solar bersubsidi.

Biar Tidak Salah Paham, Ini Perbedaan Mobil Hybrid dan Listrik

Apakah sama mobil hybrid dan mobil listrik? Biar paham, ini perbedaan mobil hybrid dan listrik.

Info Terbaru, Bulan Depan Hyundai Kenalkan Mobil Listrik IONIQ 6

Mobil listrik Hyundai IONIQ 5 sudah meluncur ke pasar otomotif, kini Hyunda Motor Co. segera mengungkap model IONIQ 6.

Shock Breaker Depan Motor Keras, Segera Lakukan Ini

Shock breaker depan sepeda motor mulai terasa keras, tentu ini bakal menggangu kenyamanan saat berkendara di jalan raya atau di jalan tidak rata.

Dukung Delvintor Alfarizi di MXGP, Komunitas Honda CRF150L Nobar di Klaten

Menggunakan motor sport penjelajah Honda CRF150L, para bikers dapat merasakan kesenangan dalam berkendara baik di jalan aspal maupun jalanan off road.

Honda Community Jateng Adakan Honda Bikers Adventure Camp di Klaten

Saat menuju ke lokasi, peserta Honda Bikers Adventure Camp melewati sejumlah objek wisata.

Jarak Aman Berkendara Mobil Agar Terhindar dari Kecelakaan

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas adalah pengemudi tidak mengikuti jarak aman berkendara mobil.

Volkswagen Hentikan Sementara Produksi ID Buzz, Ini Penyebabnya

Volskwagen atau VW terpaksa menghentikan produksi kendaraan listrik ID.Buzz yang dimulai awal bulan ini di Hanover, Jerman.

Perhatian! Ini Tanda Mobil Harus Turun Mesin

Perawatan kendaraan diperlukan agar mobil tetap nyaman dikendarai, jangan sampai harus turun mesin. Jadi Anda perlu mengenali tanda mobil harus turun mesin.

Dijuluki Mobil Sejuta Umat, Daihatsu Xenia Terjual 697.000 Unit

Mobil Daihatsu Xenia yang dikenal dengan sebutan Mobil Sejuta Umat ini hingga Mei 2022 telah terjual lebih dari 697.000 unit terhitung sejak peluncurannya.

Kecelakaan Cipularang, Kenapa Rem Bus Sering Blong?

Kecelakaan beruntun terjadi di ruas Tol Cipularang diduga karena bus mengalami rem blong. Kenapa rem bus sering blong?

Berapa Biaya Balik Nama Sepeda Motor 2022? Siapkan Dana Segini...

Membeli sepeda motor bekas dari orang lain memang perlu dibalik nama. Namun berapa kira-kira biaya balik nama motor 2022?

Rekomendasi Mobil Bekas di Bawah Rp100 Juta Terbaik untuk Keluarga

Jika pandai memilih, ada banyak pilihan yang tersedia dan berikut rekomendasi mobil bekas di bawah Rp100 juta.

City Car Bekas Rp50 jutaan, Ini Pilihannya Buat Anda

City Car masih jadi pilihan, berikut City Car bekas Rp50 jutaan yang bisa Anda bawa pulang.