Menuju UIN, Rektor IAIN Salatiga Usul Program 1 Lecturer 1 Article

Program 1 Lecturer 1 Article memberi dampak positif bukan hanya untuk dosen secara individu tetapi juga untuk lembaga.

 Pengukuhan Prof. Dr. Budiyono Saputro sebagai Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA, di Gedung Auditorium dan Student Center IAIN Salatiga, Rabu (3/3/2021). (Istimewa-IAIN Salatiga)

SOLOPOS.COM - Pengukuhan Prof. Dr. Budiyono Saputro sebagai Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA, di Gedung Auditorium dan Student Center IAIN Salatiga, Rabu (3/3/2021). (Istimewa-IAIN Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA -- Rektor Institut Agama Islam Negeri atau IAIN Salatiga, Prof. Dr. Zakiyuddin Baidhawy mengusulkan program 1 Lecturer 1 Article (satu dosen satu karya ilmiah). Ini sebagai persiapan transformasi menuju Universitas Islam Negeri.

Rektor Zakiyuddin menyampaikan gagasan itu pada Sidang Senat Terbuka Pengukuhan Prof. Dr. Budiyono Saputro sebagai Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA, di Gedung Auditorium dan Student Center IAIN Salatiga, Rabu (3/3/2021).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

"Sebagai langkah persiapan alih status, akan kita adakan program 1 Lecturer 1 Article. Artikel atau karya ilmiah yang dimaksud di sini adalah karya ilmiah yang diakui secara internasional. Jadi ke depan semua dosen harus punya Scopus ID; minimal harus punya akun SINTA atau Google Scholar. Perlu juga memiliki akun di academia.edu dan research.net," jelas Rektor IAIN Salatiga.

Prof. Zakiyuddin menilai hal tersebut penting dan memberi dampak positif bukan hanya untuk dosen secara individu tetapi juga untuk lembaga, "Dosen di IAIN Salatiga harus mulai berpikir untuk fokus terhadap bidang akademik yang ditekuni; dalami keahlian masing-masing sehingga dapat menghasilkan karya yang diakui secara internasional," kata Zakiyuddin.

Zakiyuddin meminta para dosen untuk senantiasa bersemangat dalam upaya meraih gelar guru besar. "Yang sedang dalam proses harus bersemangat, agar gelar guru besar bisa segera tercapai. Jadi profesor di usia muda akan memberi banya manfaat. Karena usia produktif akan makin panjang, waktu untuk berkontribusi pun juga jadi lebih banyak,” tambah Rektor IAIN Salatiga.

Selanjutnya Prof. Zakiyuddin berpesan agar para peneliti di lingkungan IAIN Salatiga terus berkarya. "Karya ilmiah harus terus digenjot, ranking di SINTA harus makin baik. Jangan sampai lengah karena kami konsisten memberi intensif untuk artikel yang lolos ke Scopus dan Web of Science," ujarnya.

Baca juga: IAIN Salatiga Hibahkan Tanah 4,1 Hektar ke Pemkot, Ternyata Untuk Ini

Orasi Ilmiah

Tak lupa Prof. Zakiyuddin mengucapkan selamat kepada Prof. Budiyono atas capaiannya. "Selamat dan sukses untuk Prof. Budiyono yang dikukuhkan menjadi Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA. Semoga prestasi ini bisa menularkan ghirah [semangat] kepada dosen lain agar bisa meraih gelar guru besar. Terakhir, semoga Allah SWT meridhai dan menjadikan IAIN Salatiga sebagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam ternama di Indonesia dan diakui secara internasional," harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Budiyono Saputro menyampaikan orasi ilmiah yang berjudul Tafsir Sains Terpadu: Konsep Model Manajemen, Implementasi Teknologi, Penelitian, dan Publikasi yang Unggul Berskala Nasional dan Internasional.

"Model manajemen pembelajaran tafsir sains terpadu merupakan kerangka konseptual sebagai acuan dalam menjalankan fungsi manajemen untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pemahaman tafsir sains terpadu," jelasnya.

Baca jugaIAIN Salatiga Raih Predikat WBK Kementerian PAN-RB

IAIN Salatiga

Pengukuhan Prof. Dr. Budiyono Saputro sebagai Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA. (Istimewa-IAIN Salatiga)

Di akhir orasinya, Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan IPA itu menyampaikan pesan untuk para dosen dan peneliti serta sivitas akademika IAIN Salatiga, "Mari bersama tingkatkan kapabilitas keilmuan melalui riset, pendidikan formal, pengabdian masyarakat maupun kegiatan ilmiah lainnya. Jadikan hasil penelitian dan pengabdian masyarakat sebagai alternatif dan solusi bagi perbaikan dan peningkatan kualitas kehidupan manusia."

Pengukuhan Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd tersebut menambah jumlah guru besar yang ada di IAIN Salatiga menjadi delapan orang. Sehingga masuk empat terbanyak di lingkungan IAIN se-Indonesia. Banyaknya guru besar yang dimiliki IAIN Salatiga menjadi salah satu bentuk kesiapan untuk bertransformasi menjadi universitas.

 

 

 

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Praktik Baik SDGs Desa Butuh Inovasi dan Kreativitas

+ PLUS Praktik Baik SDGs Desa Butuh Inovasi dan Kreativitas

Praktik baik implementasi Tujuan Pembangunan Desa Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) Desa membutuhkan inisiatif, inovasi, kreativitas, dan kepeloporam dengan model berpikir yang tidak biasa atau out of the box.

Berita Terkini

Begini Prakiraan Cuaca di Semarang Hari Ini, Minggu (3/7/2022)

Berikut prakiraan cuaca hari ini di Semarang dan sekitarnya pada Minggu (3/7/2022).

Kecamatan Tersepi di Banyumas Sebagian Penduduknya Gunakan Bahasa Sunda

Berikut fakta terkait kecamatan tersepi atau paling lenggang di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng).

Miris! Perempuan Perampok Pengemudi Ojol di Semarang Masih Remaja

Pelaku perampokan sepeda motor ojek online di Semarang ternyata perempuan yang masih berusia belasan tahun atau remaja.

Wow! Selamatkan Puluhan Sumber Mata Air, Pria Pemalang Raih Kalpataru

Kisah inspiratif datang dari pria Pemalang yang mendapat penghargaan Kalpataru atas dedikasinya dalam konservasi lingkungan hidup dan menyelamatkan puluhan sumber mata air.

Anggota DPRD Jateng: Jangan Sampai Anggota Karang Taruna Nganggur

Menurut anggota DPRD Jateng Baginda Muhammad Mahfuz anggota karang taruna harus bisa menunjukan kemampuan yang bermanfaat.

Polisi Ringkus Perempuan Perampas Motor Ojek Online di Semarang

Aparat Polrestabes Semarang dikabarkan telah meringkus perempuan yang melakukan penganiayaan dan perampasan sepeda motor pengemudi ojek online.

Mantap! Temanggung Surplus Cabai hingga Agustus 2022

Produksi cabai di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah (Jateng), mengalami surplus hingga bulan Agustus 2022 nanti.

Apes! Motor Dirampas, Driver Ojol di Semarang Malah Dihajar Massa

Kisah tragis datang dari seorang pengemudi ojek online di Kota Semarang yang menjadi korban perampasan dan pengeroyokan oleh warga.

Perawatnya Dituduh Lecehkan Pasien, RSUD RA Kartini Jepara Lapor Polisi

RSUD RA Kartini Jepara akhirnya melaporkan pemilik akun @UpWanita atas kasus pencemaran nama baik akibat unggahan di Twitter yang mengaku menjadi korban pelecehan seksual perawat rumah sakit itu.

54 Anggota Polres Grobogan Naik Pangkat Pas HUT Bhayangkara

Bertepatan HUT ke-76 Bhayangkara, sebanyak 54 anggota Polres Grobogan mendapatkan kenaikan pangkat.

Tjahjo Kumolo Wafat, Ini Tempat Kuliner Favoritnya di Semarang

Semasa hidupnya, Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, memiliki sederet tempat kuliner favorit di Kota Semarang.

Ini Daftar Pejabat Hasil Seleksi Yang Dilantik Bupati Grobogan

Bupati Grobogan Sri Sumarni melantik pejabat untuk Jabatan Pemimpin Tertinggi (JPT) Pratama Pemkab Grobogan.

Wow! Merti Dusun di Bandungan Catatkan Transaksi Ekonomi Rp300 Juta

Acara Merti Dusun Kedungwangan, Desa Banyukuning, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, mampu mencatatkan transaksi ekonomi sekitar Rp300 juta.

Bandara Ahmad Yani Semarang Tambah Rute Penerbangan

Bandara Ahmad Yani Semarang menambah rute perjalanan atau penerbangan.

HUT Bhayangkara, 51 Polisi di Magelang Naik Pangkat

Sebanyak 51 aparat polisi Polres Magelang menerima kenaikan pangkat saat HUT Bhayangkara ke-76.

Kabar Duka, Calon Haji asal Jepara Meninggal di Tanah Suci

Kabar duka datang dari Tanah Suci, di mana calon haji asal Kabupaten Jepara, Jawa Tengah (Jateng) meninggal dunia.