SOLOPOS.COM - Baceman kepala kambing (JIBI/Harian Jogja/M40)

Harianjogja.com, SLEMAN-Banyak orang berpikiran olahan kambing hanya bisa dibuat sebatas tongseng, sate, dan gulai. Namun di daerah Jalan Kaliurang km 7, Sleman, tepatnya di dekat Pasar Colombo, Anda bisa menemukan olahan daging kambing yang berbeda dari biasanya, berupa kepala kambing yang dimasak bumbu bacem.

Aroma khas olahan daging kambing akan tercium bila Anda mengunjungi warung tersebut. Warung yang setiap hari buka mulai pukul 15.00 WIB hingga 21.00 WIB tersebut selalu ramai dikunjungi pelanggan. Warung Bacem kepala kambing H. Sukirman ini tempatnya yang tidak tepat berada di pinggir jalan raya membuatnya susah-susah gampang untuk dicari. Tempatnya berada di sebelah timur Pasar Colombo, tepatnya berada di daerah Babadan Baru, gang Kenanga No 7. Sejak puluhan tahun silam, tepatnya pada 1967 warung olahan khas kepala kambing ini mulai dibuka.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Siti Wahyuni pemilik warung sekaligus anak dari Sukirman menuturkan sebelum dirinya ada orangtuanya sudah memulai usaha tersebut. Bumbu yang digunakannya beraneka ragam seperti daun salam, serai, jahe, daun jeruk, ketumbar, gula, dan garam. Semua bahan-bahan tersebut direbus bersamaan dengan kepala kambing hingga dagingnya terasa empuk. Sebelum direbus terlebih dahulu dibersihkan bulu-bulu yang ada di kepala kambing dengan cara dibakar.

Jangan berpikiran bahwa pengunjung akan disuguhkan kepala kambing yang utuh. Namun, pengunjung bisa memilih potongan kepala kambing yang telah disiapkan. Pengunjung bisa memilih bagian otak, mulut, mata, telinga, lidah, maupun jeroan dan kulit kaki. Harga yang dibanderol mulai dari yang terkecil yaitu kulit Rp5.000 hingga porsi lengkap Rp 50.000. Menu lain seperti tongseng dan gulai juga dijual di sini, namun yang banyak dibeli tentu saja bacem kepala kambing.

“Tongseng dan gulai kami juga ada, namun yang spesial di sini tetap bacem kepala kambingnya,” ujar karyawan warung tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya