Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

 Seorang pekerja pelabuhan melihat kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). (Antara/Aji Styawan)

SOLOPOS.COM - Seorang pekerja pelabuhan melihat kondisi banjir limpasan air laut ke daratan atau rob yang merendam kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (24/5/2022). (Antara/Aji Styawan)

Solopos.com, SOLO – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mendatangi lokasi tanggul jebol yang menyebabkan rob di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (25/5/2022) petang.

Saat diwawancara, Basuki ingin titik-titik tanggul laut yang jebol harus ditutup dulu, kemudian genangan air dipompa agar bisa surut.

PromosiUMi Youthpreneur 2022 Bentuk Dukungan PIP Terhadap Wirausahawan Muda

Setelah itu, material berupa geobox digunakan untuk menutup dengan material semi permanen. Penanganan seperti itu, jelasnya, sudah dilakukan di Kawasan Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta.

“Tapi sementara ini karena kita tidak bisa masukkan dari laut karena tidak bisa masuk dari darat dengan sandbag-sandbag [karung pasir] kecil,” katanya.

Baca Juga: Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Basuki ingin penutupan dengan karung pasir pada titik tanggul yang jebol di Semarang harus dilakukan dengan cepat.

“Penutupan dengan karung pasir harus cepat, kalau cuma satu-satu, lima, bablas. Saya minta besok sudah ditutup, pompa sudah kita siapkan, besok harus surut,” katanya.

Rencana penutupan dua dari tiga titik tanggul laut yang jebol itu akan melibatkan jajaran TNI dari Kodam IV/Diponegoro dan Lanal Semarang.

Baca Juga: Jangan Salah Beli, Kenali Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir

Sebelumnya, limpasan air laut dengan ketinggian lebih dari 2 meter melanda kawasan pesisir Kota Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022).

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

+ PLUS Tiap Tahun Penduduk Indonesia Buang Porsi Makan 125 Juta Orang

Data Program Lingkungan PBB (UNEP) menyebut Indonesia menjadi negara yang paling banyak menghasilkan sampah makanan di Asia Tenggara yang setara dengan porsi makan 61 juta hingga 125 juta orang atau 29-47% populasi.

Berita Terkini

Daftar Kecamatan Terpadat di Jateng, Wilayahmu Termasuk?

Berikut daftar lima kecamatan terpadat di Provinsi Jawa Tengah atau Jateng, daerahmu termasuk?

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Kaya Akan Bangunan Bersejarah

Kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng rupanya memiliki banyak bangunan bersejarah seperti Keraton Kasunanan Surakarta dan Benteng Vastenburg.

Kecamatan Terpadat di Jateng Ternyata Ada di Kota Ini

Berikut fakta kecamatan terpadat di Jawa Tengah atau Jateng yang ternyata ada di bagian selatan Pulau Jawa.

Holywings di Semarang yang Tutup Ternyata Pernah 3 Kali Disegel

Holywings di Semarang yang saat ini ditutup imbas promo miras di Jakarta ternyata pernah disegel tiga kali oleh Satpol PP.

Satpol PP Kota Semarang Gelar Razia, 18 PSK Terjaring

Belasan PSK terjaring razia yang digelar Satpol PP di empat lokasi di Kota Semarang, Selasa (28/6/2022) malam.

Operasi Patuh Candi, Angka Kecelakaan di Klaten Tertinggi se-Jateng

Data Ditlantas Polda Jateng menyebutkan angka kasus kecelakaan lalu lintas di Klaten tertinggi se-Jateng selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2022.

Kilas Balik Teror Bom Ledakkan Patung Buddha dan Stupa Candi Borobudur

Sembilan dari 72 stupa yang di dalamnya terdapat patung Buddha di Candi Borobudur Magelang pernah menjadi sasaran teror bom yang diledakkan pada Senin, 21 Januari 1985.

Tumpahan Minyak Cemari Sungai di Cilacap, Ini Kata Pertamina

Tumpahan minyak mentah milik Pertamina Cilacap tumpah dan mencemari Sungai Donan di Kabupaten Cilacap.

Beli Minyak Goreng Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Bakul Pasar Semarang

Pedagang atau bakul pasar di Kota Semarang menilai penerapan penggunaan aplikasi Pedulilindungi untuk beli minyak goreng dinilai menyusahkan.

Anak Main Korek Api, Rumah Warga Godong Nyaris Terbakar

Rumah milik warga Godong, Kabupaten Grobogan nyaris terbakar gegara anak laki-lakinya bermain korek api di kamar, Selasa (28/6/2022).

12 Gerai Holywings di Jakarta Ditutup, Begini Nasib yang di Semarang

Gerai Holywings di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), dikabarkan juga ikut ditutup imbas promo miras yang dilakukan Holywings Jakarta.

Operasi Patuh di Jateng Berakhir, Ini Daerah Pelanggaran Tertinggi

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol. Agus Suryo Nugroho, menyebut Kendal menjadi daerah dengan angka pelanggaran lalu lintas tertinggi selama Operasi Patuh Candi 2022.

Kreatif! Warga Semarang Lukis Bung Karno dengan Padi di Sawah

Petani Desa Bergas Lor, Kabupaten Semarang, membuat lukisan Bung Karno dengan media padi di area persawahan untuk menyambut Bulan Bung Karno.

Terima 5.000 Dosis Vaksin PMK, Disnakkan Grobogan: Masih Kurang

Terima 5.000 dosis vaksin PMK dinilai masih kurang banyak mengingat jumlah hewan ternak sapi dan kerbau di Grobogan mencapai 207.000 ekor.

Simak! Ini Beda Congyang Semarang dengan Ciu Bekonang Sukoharjo

Ciu Bekonang Sukoharjo dengan congyang asal Semarang dua minuman keras atau miras produk dalam negeri atau lokal yang memiliki sederet perbedaan.

Pesugihan Nyi Blorong di Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong di Kebumen, Jawa Tengah, menyimpan kisah misteri tentang ritual pesugihan Nyi Blorong.