SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya Paku Alam IX memberikan gelar kepada 60 abdi dalem dan kerabat Puro Pakualaman bertepatan dengan hari ulang tahun yang ke 76 di Bangsal Sewatama, Yogyakarta, Selasa, 31 Januari 2012.

Beberapa nama yang cukup dikenal oleh masyarakat seperti Menteri Pertahanan,  Purnomo Yusgiantoro, mendapatkan gelar Bupati Nayaka dan  Gandi Sulistiyanto Soeherman, Ketua Umum Yayasan Eka Cipta mendapatkan gelar Kanjeng Mas Tumenggung Purwo Wahyono.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Endro Kusumo, Pengageng Budaya dan Pariwisata Pakualaman, menyatakan pemberian gelar ini diberikan bertepatan dengan tingalan ndalem atau hari kelahiran.Menurutnya, pemberian gelar ini dilakukan sudah turun temurun dari Paku Alam I pada tahun 1811 hingga Paku Alam IX dan jumlahnya telah mencapai ribuan.

Lebih lanjut Endra menyatakan pemberian gelar oleh PA ke IX kali ini merupakan yang terbanyak yaitu 60 orang. Tahun-tahun sebelumnya hanya dalam kisaran 20-30 orang abdi dalem dan kerabat Keraton Puro Paku Alaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya