SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LEBAK- Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), Helmy Faizal Zaini, berencana mengunjungi jembatan gantung Ciwaru yang berlokasi di Desa Sangiangtanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak yang kondisinya rusak berat akibat diterjang banjir sepekan lalu di wilayah itu.

“Bapak Menteri PDT itu dijadwalkan, Selasa (14/1), meninjau langsung jembatan gantung Ciwaru, setelah kunjungan dari Pandeglang,” kata Kepala Bidang Pembinaan Pers Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Lebak Icha, di Rangkasbitung, Minggu (22/1/2012).

Promosi Kisah Petani Pepaya Raup Omzet Rp36 Juta/bulan, Makin Produktif dengan Kece BRI

Ia mengatakan, jembatan gantung Ciwaru yang setiap hari dilintasi ribuan warga, termasuk anak-anak siswa SD rusak berat akibat terjangan banjir besar yang menimpa pekan lalu.

Saat ini, anak-anak SD melintasi jembatan itu sangat berbahaya karena berjalan di atas kawat sling jembatan.

“Jika kawat sling jembatan itu putus dipastikan anak-anak jatuh ke sungai Ciberang dengan kedalaman antara tiga sampai lima meter,” katanya.

Ia juga mengatakan, pemerintah Kabupaten Lebak akan membangun jembatan gantung Ciwaru sepanjang 200 meter dengan alokasi APBD 2012 sebesar Rp1 miliar.

Jembatan gantung Ciwaru melintasi Sungai Ciberang di Desa Sangiangtanjung Kecamatan Kalanganyar dan Desa Pasirtanjung Kecamatan Rangkasbitung.

Setiap hari jembatan tersebut dilintasi ribuan warga setempat untuk akses lalu lintas dalam mendukung pendidikan dan ekonomi masyarakat.

Apalagi, kata dia, sebagian besar warga di dua desa itu petani.

“Dengan kembali dibangun jembatan gantung itu, tentu sangat memudahkan petani memasarkan produk pertanian ke luar daerah juga anak-anak sekolah merasa nyaman,” katanya. Antara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya